PPTR Sanberna: Gembala Menyapa Umat

30 April 2021
  • Bagikan ke:
PPTR Sanberna: Gembala Menyapa Umat

Ketua PPTR Romo Matius Pawai, CICM, dan peserta GMU.

“Semua umat Ciledug harus tetap semangat, saling membantu, tetap taat pada prokes, dan tetap disiplin pada aturan dan ketentuan yang ditetapkan KAJ, karena Paroki Ciledug juga masuk dalam teritorial KAJ yang harus taat dan tunduk pada keputusan KAJ. Mohon semua bersabar dan selalu saling menyemangati serta mendoakan. Umat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, semakin mengasihi, semakin terlibat, dan semakin menjadi berkat bagi sesame,” jelas Pastor Lammarudut Sihombing, CICM, saat memberikan motivasi dan inspirasi pada penutupan acara Gembala Menyapa Umat (GMU) yang diselenggarakan secara daring via MS Teams, Minggu (25/4). Acara perdana tersebut dihadiri umat dan pengurus lingkungan/wilayah dari tiga wilayah yang mendapat giliran pertama: Hubertus, Fabiola, dan Thomas.

tot7--

GMU dihadiri oleh para anggota DPH Paroki Ciledug.

“Rencananya acara ini akan digelar setiap hari Minggu siang secara bergiliran. Karena kita ada 21 wilayah, jika digilir per tiga wilayah, maka akan diselenggarakan sebanyak tujuh kali pertemuan daring,” begitu dijelaskan Wakil Ketua Panitia Penggerak Tahun Refleksi (PPTR) 2021, Kristianto Widiwardono, yang juga Korbid BP3 di DPH Ciledug.

tot2--

Trio La-Ma-Ste (Lamma-Matius-Steve).

Dengan tujuan utama untuk memberikan wadah bagi umat untuk saling bersilaturahmi, ngobrol santai dan akrab dengan para gembalanya, acara ini dibuat dengan konsep bincang santai agar umat merasa akrab dan disapa secara personal oleh gembalanya yang sudah sekian lama tidak bertemu muka.

“Jika ditanya perasaan, sudah lebih satu tahun tidak bertemu, saya yakin umat sudah rindu pada kegiatan-kegiatan yang biasanya diadakan di gereja secara ramai-ramai. Pun kami gembala-gembala kangen dengan umat separoki. Banyak yang sudah terjadi dan perlu saling menginformasi. Oleh karena itu dalam kesempatan GMU ini diharapkan agar kerinduan gembala dan umat tersebut dapat sedikit terobati dan teralihkan, silaturahmi,” papar Pastor Matius Pawai, CICM, sebagai Ketua PPTR 2021.

tot3--_1

GMU perdana juga dihadiri oleh pengurus wilayah/lingkungan.

Acara perdana di hari Minggu itu dihadiri oleh segenap umat beserta anggota keluarga, pengurus lingkungan/wilayah dan segenap anggota DPH. Secara jadwal, acara digelar dalam tiga sesi berupa pemaparan informasi dari paroki yang sebaiknya umat ketahui, dibawakan secara bergiliran oleh anggpta DPH, lalu sesi tanya jawab umat dengan para pastor yang bertugas menggembalakan umat di Ciledug serta frater (disingkat Trio LaMaSte, Lamma-Matius-Steve), dan kemudian sesi motivasi gembala untuk menginspirasi umat yang hadir.

tot5--

Disediakan hadiah bagi umat yang aktif bertanya.

Bagi umat yang aktif bertanya disiapkan paket hadiah berupa bibit tanaman, vitamin dan beberapa bentuk barang sumbangan dari para donatur. Pada kesempatan pertama, materi informasi paroki dibawakan dengan santai oleh Aritasius Sugiya, Wakil Ketua 1 DPH, dan dimoderatori dengan hangat oleh St Herwinoto (Totot), Korbid Pewartaan 2.

tot6--

Hadiah juga disumbang para donatur.

Tidak terasa acara selama dua jam dilalui dengan hangat, santai tapi akrab, dan secuil rasa rindu pun dapat terobati walau sejenak. Giliran berikutnya nanti adalah wilayah Isidorus, Petrus, dan Kristoforus. Mohon umat dapat bersiap-siap dan sediakan pertanyaan untuk para gembala kita.

 tot4--

e-Flyer GMU.

Sebuah upaya yang terus menerus memang harus dilakukan oleh segenap umat dan para pengurus umat agar tetap bersemangat menjalani kehidupan sehari-hadri di masa pandemi ini. Dan karena jadwal telah disusun untuk masing-masing tiga wilayah, maka umat diajak untuk mempergunakan kesempatan baik ajakan Gembala Menyapa Umat ini untuk berbincang secara santai, dalam suasana non ibadat, non liturgis, bersama para pastor dan frater yang bertugas menggembala umat Ciledug yang didampingi para anggota DPH. Prinsipnya bebas bertanya, bebas memberikan masukkan, dan siapa tahu dapat hadiah. Yuk ah, hadiri GMU ya!

Teks: tots/ Foto-foto: Screenshot, PPTR

Tags
PPTR

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna