Menggembirakan dan Patut Disyukuri Geliat Kaum Muda dalam Peribadatan

17 Februari 2021
  • Bagikan ke:
Menggembirakan dan Patut Disyukuri Geliat Kaum Muda dalam Peribadatan

Tim Bless OMK: Setiawan, Susanto, Reinhard, Dina, Anastasia.

Sungguh menggembirakan dan patut disyukuri bahwa dalam masa pandemi, ketika semua umat kristiani tidak dapat berkumpul di satu tempat untuk melakukan ibadat maupun mendalami Firman Tuhan, umat Paroki Ciledug tetap dapat bertekun melalui Ekaristi live streaming dan pertemuan Kitab Suci secara daring, yaitu Pertemuan Go Kitab Suci Lingkungan (Go-Kil) yang telah berlangsung sejak Mei tahun lalu.

Go-kil November

Go-Kil November 2020 yang sudah melibatkan OMK.

Umat Gereja St  Bernadet terlibat dengan cukup bersemangat dan besar keinginannya untuk berbuat, tidak hanya umat yang dewasa tetapi juga kaum mudanya.

Hal tersebut tak lepas dari peran Ketua SKKS paroki yang selalu mengajak seluruh umat agar semakin terlibat dan berperan aktif dalam kegiatan pendalaman Sabda Tuhan.

hendra--

Hendra (kanan), Ketua OMK Wilayah Sesilia.

Terhitung sejak September lalu pelaksanaan Bulan Kitab Suci dikoordinasi oleh kaum muda yang tergabung dalam Tim Bless. Mereka adalah kaum muda dari Wilayah Yoseph, Anna, dan Petrus.

Kemudian Pertemuan Go-Kil November lalu melibatkan OMK Sesilia, Maria, Yohanes, Fabiola. Lalu awal tahun 2021 di bulan Januari Pertemuan Go-Kil, karena bersamaan waktunya dengan Acara Natal OMK, dua OMK Wilayah Monika mewakili.

andre-

Andreas dan Aldo, OMK dari Wilayah Yohanes.

Dalam pertemuan Go-Kil yang baru saja terlaksana di bulan Februari ini, OMK Wilayah Yohanes berperan aktif sebagai pengisi lagu, pembaca Kitab Suci, pembawa Doa Umat, dan operator zoom.

Itu semua bisa terlaksana atas kerjasama yang baik, komunikasi yang lancar, koordinasi yang terus-menerus, serta niat yang tulus untuk saling melayani dan memuliakan Tuhan. Tentu ada kekurangan dan kelebihannya, namun semua bisa diatasi dengan persiapan, latihan, dan menerima masukan-masukan yang positif sehingga semua dapat terlaksana dengan baik dan Tuhan yang menyempurnakannya.

edi--_1

Ketua Seksi Kepemudaan Yoakim Edi Sukaryo.

“Koordinasi dengan sesama OMK dan persiapan dilakukan secara online, termasuk pembagian tugas dan latihan-latihan,” ungkap Hendra, Ketua OMK Wilayah Sesilia, dan Andreas Ketua OMK Wilayah Yohanes beberapa waktu lalu. "Tidak ada kendala kok, semua seneng-seneng aja,” imbuh kedua ketua OMK tersebut.

Sementara itu Ketua Seksi Kepemudaan Paroki Yoakim Edi Sukaryo mengatakan bahwa momen ikut dan terlibat dalam Pertemuan Go-Kil  merupakan salah satu cara menumbuhkan iman kita, mengembangkan spiritualitas kita sebagai bekal untuk menjadi semakin bertumbuh dan dewasa.

Aldo--

Aldo dalam tugas Go-Kil Februari 2021.

“Jadi jangan takut untuk  terlibat, jangan  enggan untuk berpartisipasi. Waktunya kaum muda berperan dalam pengembangan  kerajaan Allah,"  ungkap Edi ketika OMK bertugas di bulan November tahun lalu.

Di pihak lain, Hendra menyampaikan bahwa sebagai umat St Bernadet sangat bangga menjadi bagian dalam kegiatan ibadat Go-Kil  karena memperoleh peneguhan dalam hal pemahaman isi Kitab Suci dan saling berbagi dalam pengalaman iman.

omkmonika--

Leo dan Cella (Wilayah Monika) dalam Go-Kil Januari 2021.

Setelah mengikuti kegiatan Go-Kil, lanjut Hendra, ada rasa suka cita karena ada pengalaman iman baru dalam sharing bersama,  terutama dari para senior yang memiliki banyak pengetahuan lebih. “Terima kasih boleh ikut terlibat dalam ibadat Go-Kil. Jika tidak ada halangan bisa mengikuti secara rutin,” katanya.

Andreas dan Aldo yang sudah pernah bertugas dua kali di bulan November 2020 dan Februari 2021 juga mengaku senang dengan keterlibatannya dalam pertemuan paroki ini, terutama ketika merasakan kurangnya kegiatan kaum muda di masa pandemi yang berlangsung lama.

AndrewaktutugasFebr--

Andre dalam tugas Go-Kil Februari 2021.

Kita tunggu, peran serta kaum muda  sebagai penerus Gereja dalam program-program paroki mendatang dengan bercermin pada Beato Carlo Acutis yang diangkat Gereja sebagai teladan kaum muda.


Teks & Foto: Tim SKKS Paroki Ciledug

Tags
Go-Kil
omk
SKKS

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna