Tahun Keadilan Sosial Mengakhiri Arah Dasar KAJ 2016-2020

23 Januari 2021
  • Bagikan ke:
Tahun Keadilan Sosial Mengakhiri Arah Dasar KAJ 2016-2020

Penyerahan laporan kegiatan Ketua Panitia Penggerak.

Tahun 2020 menjadi akhir dari Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Agung Jakarta yang ditetapkan selama 5 tahun,  yakni 2016-2020. Tahun 2020 ditetapkan sebagai Tahun Keadilan Sosial yang merupakan pengamalan Pancasila, Sila yang ke-5.

Pak Trisno1--

Bp Trisno Kambali, Ketua Panitia Penggerak 2018-2020.

Seperti kita ketahui bersama dalam Ardas KAJ 2016-2020 dijelaskan, Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa suka cita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan.

Dr Taty dari puskesmas--

Penjelasan fokus Tahun Keadilan: gizi untuk balita dan bumil.

Atas dorongan Roh Kudus, berlandaskan spiritualitas inkarnasi Yesus Kristus, serta semangat Gembala Baik dan Murah Hati, umat Keuskupan Agung Jakarta berupaya menyelenggarakan tata-pelayanan pastoral-evangelisasi agar semakin tangguh dalam iman, terlibat dalam persaudaraan inklusif, dan berbelarasa terhadap sesama dan lingkungan hidup.

Untuk memastikan Arah Dasar tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka sejak tahun 2018 dibentuk Panitia Penggerak.

7 Januari 2018--

Kekayaan busana adat dalam Misa Tahun Persatuan, 2018.

Semuanya itu diterangkan Bp Trisno Kambali yang didapuk menjadi Ketua Panitia Penggerak sejak 2018 Tahun Persatuan, 2019 Tahun Berhikmat, 2020 Tahun Keadilan Sosial.

Amalkan Pancasila bertujuan untuk mengingatkan umat katolik untuk 100 persen katolik dan 100 persen Indonesia.

Romo Ngerek--_2

Ketua PPTR 2021 St Bernadet Romo Matius Pawai, CICM.

Pernyataan-pernyataan tersebut disampaikan oleh Pak Trisno Kambali pada Minggu, 10 Januari 2021, di akhir Misa di Gereja Pinang yang juga ditayangkan secara live streaming.

Acara ini diselenggarakan untuk  menandai berakhirnya tugas Panitia Penggerak Tahun Keadilan Sosial dan dimulainya tugas Panitia Penggerak Tahun Refleksi (PPTR).

tahun berhikmat2--

Syukuran Tahun Berhikmat KAJ di Gereja MBK, 23/11/2019.

Lebih lanjut Pak Trisno Kambali menyampaikan, sejak Panitia Penggerak ini dibentuk tahun 2018, tahun persatuan, sampai dengan tahun 2019, tahun berhikmat,  semua rencana dan kegiatan dapat berjalan baik dan lancar serta mendapat sambutan yang baik dari umat.

Akibat wabah

prasejahtera intern--

Akibat wabah Covid-19 fokus gerakan ke bantuan sosial.

“Namun di tahun 2020, tahun Keadilan Sosial ini, akibat pandemi Covid-19 banyak rencana dan kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan berfokus pada bantuan sosial untuk meringankan beban ekonomi akibat dari wabah ini. Bukan hanya untuk umat Gereja Santa Bernadet sendiri tetapi juga untuk masyarakat sekitar,” papar Pak Trisno Kambali.

Bumil-balita-

Baksos masa wabah Covid-19 untuk peningkatan gizi balita.

“Puji Tuhan sekitar 4.000 orang dapat menikmati paket sembako, baik untuk warga masyarakat sekitar Gereja maupan umat yang membutuhkan. Dan berkat kerja sama dengan Posyandu di sekitar Gereja ada 550 balita dan 150 ibu hamil menerima bantuan peningkatan gizi,” lanjutnya.

prasejahtera--

Warga prasejahtera St Bernadet menerima paket bantuan.

Disampaikan bahwa semua kegiatan ini dapat terlaksana berkat sumbangan dari umat lewat celengan Yesus Tuna Wisma (YTW) serta sumbangan para donatur. Pada pembukaan Misa Tahun Keadilan, Romo Deken Tangerang 1 Pastor Stefanus Suwarno, OSC, dan Romo Lamma menandainya dengan mengangkat celengan raksasa YTW.

bumil sempat terhenti--

Bantuan paket peningkatan gizi untuk ibu hamil.

“Maka Panitia Penggerak mengucapkan terima kasih atas partisipasi umat, serta terima kasih kepada Ketua Seksi, Ketua Kelompok Kategorial, Ketua Lingkungan, dan Koordinator Wilayah yang telah ambil bagian untuk menyelenggarakan berbagai aksi sosial.

 

berita fokus tahun keadilan caridul--

Romo St Suwarno, OSC, dan Romo Lamma Sihombing, CICM.

“Tugas Panitia Penggerak Tahun Keadilan Sosial sudah berakhir, namun gerakan pastoral ini semoga dapat terus berjalan. Dan selamat bertugas untuk Panitia Penggerak Tahun Refleksi 2021,” pungkas Pak Trisno.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, di akhir acara Bp Trisno Kambali menyerahkan laporan kegiatan kepada Romo Lammarudut Sihombing, CICM, selaku Pastor Kepala Paroki Ciledug.

Teks: Bambang Gunadi/ Foto-foto: dok. Sie Komsos, dok. Sie PSE

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna