Pesan Romo Lamma dalam Natal OMK: Kawula Muda Jangan Galau!

12 Januari 2021
  • Bagikan ke:
Pesan Romo Lamma dalam Natal OMK: Kawula Muda Jangan Galau!

Romo Lamma sebagai nara sumber dalam Bincang Santai.

Gue OMK, Gue Berani Plus!

Itulah slogan yang diserukan Andre dan Aldo selaku MC ketika membuka acara Natal bersama OMK yang diadakan secara daring, Sabtu (9/1). Dengan tema “Natal Membawa Suka Cita Baru bagi OMK St. Bernadet”, acara itu dihadiri 91 peserta, termasuk panitia.

siapa--

Rachel diapit Andreas dan Aldo dalam doa.

Setelah MC mengecek kehadiran peserta berdasarkan Wilayah, Rachel membawakan doa pembukaan.

Panitia memusatkan kegiatan utamanya di Ruang Hijau Café Studio, Pondok Jagung, yang diikuti para peserta lewat Zoom. Penyiarannya dibantu oleh Tim Live Streaming Sie Komsos. Acara ini juga dihadiri beberapa senior, seperti Pak Pristi, anggota DPH Korbid Persekutuan.

peserta--

Sebagian peserta Natal OMK virtual, 9 Januari. 

Sebelum acara inti, Ketua Panitia Bonifasius Aprilianto dan Ketua Sie Kep Yoakim Edi Sukaryo memberikan sambutan berisi ajakan agar kawula muda menjadi pribadi yang lebih baik dan melewati pandemi secara bersama-sama.

peserta2--

Pak Pristi (paling atas, tengah) menghadiri acara.

Jangan galau!

Ada dua nara sumber acara inti yang dinamakan Bincang Santai, yaitu Romo Lammarudut Sihombing, CICM, dan Claudia Devina, dengan pemandu Cristabella Shania yang biasa disapa Shasha.

bincang2--

Shasha memandu Bincang Santai dengan Claudia Devina.

Dalam kesempatan itu Romo Lamma berpesan agar kawula muda tidak galau. Caranya dengan melakukan kebaikan kepada sesama. “Orang yang galau adalah orang yang memikirkan dirinya sendiri. Cobalah memikirkan orang lain agar galaunya hilang dan mendatangkan suka cita,” kata Kepala Paroki Ciledug itu.

hijau4--

Stage untuk Bincang Santai di Ruang Hijau Cafe.

Di tahun 2021 Romo Lamma mengatakan ingin memiliki sahabat sebanyak-banyaknya dari semua kalangan. Kawula muda diimbau untuk menghindari arus negatif dari media sosial, menghindari postingan hoaks, dan membagikan postingan kebaikan untuk sebuah persatuan.

akustik2--

Penampilan musik akustik Jodi dan Nicholas.

Sebagai tips untuk menumbuhkan kesan Natal dalam hati kawula muda, Romo Lamma mengajak untuk berbuat baik, ikut kegiatan bakti sosial atau pelayanan Gereja seperti mengajar BIA, ikut Komsos, atau ikut kegiatan OMK “agar kita bertumbuh, berkembang, dan berbuah bersama-sama”.

coffeeshop--

Suasana doa di Ruang Hijau Cafe.

Di bagian lain Romo Lamma berkata, “Tentunya kita semua bisa melewati Natal dengan suka cita walau dalam pandemi seperti ini jika kita memahami apa itu Natal yang sebenarnya. Natal adalah suatu kabar gembira suka cita, karena kelahiran Sang Juru Selamat yang kita sebut sebagai ‘Dialah Immanuel’.”

Komsos3--

Tim Live Streaming membantu penyiarannya.

“Self love”

Nara sumber lain, Kak Claudia Devina, tahun 2017 pernah  mewakili OMK St Bernadet ke Asian Youth Day. Kak Odi, begitu ia biasa disapa, kini sibuk sebagai content writer dan content creator ramah lingkungan.

Kak Odi mengajarkan bagaimana kawula muda mencintai diri sendiri atau—istilah gaul sekarang—self love.

Ada 4 tahap untuk mencapai self love, yaitu self awareness (tahap menyadari kesalahan kita sendiri), value (tahap menyadari bahwa kita ini berharga), tahap percaya diri bahwa kita memiliki nilai positif, dan tahap terakhir mencintai diri kita sendiri dengan menyempurnakan diri, seperti olahraga atau baca buku.

duaNarasumber--_1

Dua nara sumber sedang berbincang.

Agar bisa mencintai diri sendiri di masa pandemi, Kak Odi memberikan tips, yaitu dengan melakukan me time (waktu memanjakan diri), melatih soft skill, belajar hal-hal baru, memuji dan menerima diri.

hijau2--

Sepenggal suasana di Ruang Hijau Cafe.

“Jadi”, tegas Kak Odi, “self love adalah bagaimana kita memaafkan diri, menyadari kesalahan, memperbaikinya dan mencintai, bukan mencintai dengan tetap berada di zona nyaman.”

Komsos2--

Tim Live Streaming St Bernadet.

“Justru self love adalah usaha kita untuk mencapai tujuan hidup dengan mencintai diri. Kita bisa menulis kelebihkan dan kelemahan kita. Kelebihannya kita tingkatkan, kelemahannya jangan ditinggalkan tetapi harus kita cari tahu bagaimana cara mengatasinya agar menjadi pribadi yang lebih baik,” imbuhnya.

fotobareng--_1

Ditayangkan foto Natal OMK sebelum pandemi, tahun 2019.

Selaku moderator, Shasha menutup perbincangan dengan mengingatkan kawula muda tentang hukum kasih, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”. “Dengan mencintai diri sendiri maka kita akan mencintai orang lain dan akan mendapatkan suka cita baru,” katanya.

Sesi Bincang Santai diakhiri dengan lagu O Holly Night.

Games

Acara itu dimeriahkan juga dengan games online Kahoot yang dipandu Angel dengan memberikan 15 pertanyaan seputar Kisah Alkitab. Games dimenangkan oleh Jassen Novaris dari Komsos, Andrew dari Wilayah Joseph, dan Adi dari Wilayah Theresia.

games--

Para pemenang game online Kahoot.

Acara ini juga dimeriahkan dengan selingan-selingan musik akustik oleh Jodi dan Nicholas dari Wilayah Fabiola dengan lagu-lagu seperti Gita Surga Bergema dan PertolonganMu.

Di akhir acara MC mengumumkan pemenang kuis dan giveaway jumlah peserta terbanyak yang dimenangkan oleh Wilayah Paulus dengan 13 partisipan.

BravoRomo--

Bravo! OMK Santa Bernadet.

Acara ditutup dengan doa Malaikat Tuhan dan doa penutup, lalu foto bersama. Secara keseluruhan Natal OMK Santa Bernadet ini lancar dan sukses. Bravo!


Teks: Karin/ Foto-foto: Walter Arya, Ana Manurung, Screenshot.

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna