Sore Ini, OMK Santa Bernadet Mengawali Tahun 2021 dengan Natal Virtual

9 Januari 2021
  • Bagikan ke:
Sore Ini, OMK Santa Bernadet Mengawali Tahun 2021 dengan Natal Virtual

Sore ini OMK St Bernadet Natalan secara virtual.

Mengawali tahun 2021, Sabtu sore ini, mulai pukul 16.00, OMK Santa Bernadet mengadakan acara Natal virtual bersama Romo Lammarudut Sihombing, CICM, dengan tema “Natal Membawa Sukacita Baru bagi OMK”.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur tahun yang sudah berlalu, Natal juga menjadi kelahiran harapan baru untuk bisa beraktivitas lebih baik di tahun ini.

edi--

Yoakim Edi Sukaryo, Ketua Sie Kepemudaan Paroki Ciledug.

Menurut Ketua Seksi Kepemudaan Paroki Ciledug Yoakim Edi Sukaryo, ketika  dihubungi Selasa lalu, konsep acara tersebut adalah talkshow.

Natalan OMK secara daring itu akan dimeriahkan dengan door prize, games, giveaway (bagi-bagi hadiah), serta menghadirkan bintang tamu.

OMK dan komsos--_1

Ana Manurung, OMK yang di tahun 2020 bergabung di tim LS.

Bagaimana kegiatan OMK Bernadet selama tahun 2020, Edi Sukaryo mengatakan bahwa semangatnya untuk melayani Gereja tetap terjaga, meskipun karena pandemi kegiatannya menurun.

Pelayanan OMK selama tahun lalu tidak terbatas pada lingkup OMK saja, tetapi lintas Seksi, dari Seksi KKS, Komsos, Liturgi, dan lain-lain. “Tahun ini ada beberapa OMK yang bergabung di Komsos,” kata Edi Sukaryo.

baksos juni--_1

Sebagian OMK yang ikut baksos masa pandemi, 7 Juni 2020.

Dari berbagai peristiwa tahun lalu, semangat melayani OMK tidak serta merta pudar karena pandemi.

“Momen terbaik tahun 2020 sebenarnya adalah baksos,” kata Edi Sukaryo. Maksudnya Bakti Sosial OMK yang dikoordinasi Sie Kep, Minggu, 7 Juni 2020, dengan membagikan 100 paket sembako untuk sesama yang terdampak pandemi.

baksos juga--

OMK memberi paket sembako dalam baksos, 7 Juni 2020.

Baksos tersebut didukung para senior berjiwa muda, seperti Pak Stevanus Pristi Wahyudono, Pak Rene F Da Costa, dan Pak Ignatius Indra Gunawan yang ikut turun tangan.

Walaupun demikian sejumlah peristiwa penting layak dicatat. Sejak misa offline di masa pandemi perdana di Gereja Bernadet, 18 Oktober 2020, OMK bersama KKMK ikut membantu Tim Gugus Kendali Paroki (TGKP) melakukan scan QRCode dan cek suhu umat yang mengikuti misa.

senior--

Para senior berjiwa muda turun tangan untuk Baksos OMK.

Dalam kaitan misa offline, OMK juga terlibat dalam admin belarasa untuk mendapatkan QRCode umat yang digilir setiap minggunya. Mereka adalah Endah, Chika, Laras, dan Eli. “Benar, mereka bekerja secara online,” kata Frater Steve Ramli, CICM, dari Tim Admin Belarasa via aplikasi WhatsApp, akhir tahun lalu.

Kecuali itu, OMK juga terlibat dalam pelayanan di misa harian, misa pernikahan, serta mendapat jadwal menjadi Pelayan Pembawa Komuni (PPK) untuk umat yang mengikuti misa secara live streaming.

suhu dan qrcode--12_1

OMK membantu periksa suhu dan scan QRCode misa offline.

Keterlibatan dalam Go-Kil

Menurut Ibu Anastasia Setyowati, anggota DPH yang juga pengurus SKKS, partisipasi OMK pada acara Go Kitab Suci Lingkungan (Go-Kil) tingkat paroki, 7 November 2020, membawa harapan baru pada kawula muda untuk menjadi generasi penerus dalam pewartaan Firman Tuhan.

Ada 9 OMK dari berbagai wilayah yang berpartisipasi dalam Go-Kil tersebut, yaitu Wilayah Sesilia, Maria, Fabiola, Yohanes, dan Maria Goreti. Mereka diberi tanggung jawab untuk bertugas sebagai pemandu lagu, pembaca Kita Suci, Doa Umat, dan Doa Angelus.

Go-Kil tk paroki--_1

OMK dalam Go-Kil tingkat paroki, 7 November 2020.

Sejumlah OMK mengaku bangga dan senang karena dipercaya terlibat dalam Go-Kil tersebut. Itu terungkap dari beberapa OMK yang sempat diwawancara oleh Ibu Wati lewat aplikasi WhatsApp.

Bersama KKMK, di masa pandemi OMK juga mengadakan Doa Rosario bersama pada Bulan Rosario secara virtual. Meskipun terbatas oleh jarak, kebersamaan lewat Google meet tetap bisa dirasakan.

Rosario OMK KKMK--

Rosario OMK-KKMK, Oktober 2020.

Semoga Natal virtual sore ini sukses dan menjadi awal semangat baru dalam melayani Gereja di tahun 2021 ini.


Teks: Laraswati, Karin, ps/ Foto-foto: dok. Sie Kep, Screenshot, dok. pribadi, dok. Komsos

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna