Baptisan 2020, Hadiah Natal yang Indah di Masa Wabah

26 Desember 2020
  • Bagikan ke:
Baptisan 2020, Hadiah Natal yang Indah di Masa Wabah

Upacara baptis di Gereja St Bernadet dengan prokes ketat.

Pada awal tahun 2019, datanglah orang-orang yang ingin masuk dalam Gereja Katolik, diterima oleh Seksi Katekese Paroki Ciledug Gereja Santa Bernadet. Satu per satu mereka datang untuk bisa belajar bersama para katekis.

Para katekis yang melayani mereka adalah Bp Johny Clement Simbolon, Ibu Theresia Eka Murti, dan Sdri Monika Citra. Mereka semua ini waktu itu sudah terbiasa mendampingi para katekumen di Sekolah St Angelina, Pondok Lestari, Ciledug, selain ada yang di Sekolah Amore dan Abdi Siswa.

dewasa pertama Theree-e--_1

Pelajaran online calon Baptis dewasa periode 2019-2020.

Di awal tahun 2019 itu ada 6 orang katekumen dewasa: Darminto, Nunung, James, Dian, Ricky, dan Fransiska; anak-anak dan remaja 10 orang: Robertus Valen Diorga, Jessica Angelina Marybell, Maecella Sandya Wardani, Anastasia Liem, Stefany Violetta, Clara Angelica Annabell, Christian Adellio, Christina Andriani, Christina Elviani, dan Roselle Angela Maybell.

Kelas pembelajaran dibagi dua. Kelas katekumen dewasa dibimbing Ibu There dan Pak Simbolon; kelas anak-anak dan remaja oleh Monika Citra, dibantu Ibu Irene. Dilaksanakan setiap Minggu, jam 08.30-11.00, di ruang kelas Sekolah St Angelina.

1ce353a2-6cfe-4ff5-96b6-44ec61db2188--_1_1

Sesudah baptis menerima Sakramen Ekaristi dalam dua rupa.

Katekis memberikan pengetahuan tentang Iman Katolik kepada para katekumen  dengan metode presentasi, cerita, membaca Alkitab, sharing pengalaman, serta memanfaatkan media video katekese digital dari Komisi Kateketik KAJ.

Katekumen rajin hadir dan para katekis pun bersemangat untuk melayani mereka. Kegiatan belajar-mengajar diwarnai juga bercengkerama, sehingga tumbuh hubungan kekeluargaan.

fr ramli--

Romo Matius Pawai, CICM, memberkati air baptis.

Waktu terus berjalan. Sekitar setengah tahun kemudian, 29 Juli 2019, calon Katekumen (pra-Katekumen) diterima menjadi Katekumen dalam perayaan Ekaristi di Gereja Santa Bernadet. Mereka diperkenalkan kepada umat. Inilah penerimaan tahap pertama. Penerimaan tahap kedua, yaitu menjadi calon Baptis, diadakan pada 18 Januari 2020, dalam perayaan Ekaristi juga di gereja yang sama.

Direncanakan pembaptisan akan dilaksanakan sebelum Hari Raya Paskah tahun 2020.

Buyar karena Covid

Tak disangka-sangka awal Maret 2020 dunia dilanda penyakit virus Corona yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kemudian ditetapkan sebagai pandemi Covid-19 pada 11 Maret 2020.

b016cc0e-609e-40e8-b1d5-2515f799017e--_1

Romo Lamma memimpin misa untuk baptis gelombang 1.

Pemerintah Indonesia segera memutuskan pemberlakuan PSBB yang mengharuskan semua aktivitas di semua lembaga dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Mengikuti keputusan itu, KAJ dan KWI mengimbau seluruh keuskupan di Indonesia meniadakan semua kegiatan gerejani yang menimbulkan kerumunan di semua lini, termasuk misa, mulai 21 Maret 2020.

Misa online diselenggarakan, tetapi tim katekese tidak tahu harus berbuat apa. Semua rencana buyar dan tahapan baptisan menjadi tidak pasti. Pembelajaran katekumen sempat berhenti beberapa waktu. Yang terpikir hanyalah bagaimana tetap sehat dan terlindungi dari wabah mematikan itu.

monikaIrene--

Ibu Monica Citra dan Ibu Irene untuk katekumen anak-remaja.

Kapan dibaptis?

Lalu muncul gagasan untuk mengajar secara virtual dengan aplikasi digital. Katekumen diberitahu agar terus belajar dan mengandalkan pimpinan Tuhan sampai baptis nantinya, apapun keadaannya.

Puji Tuhan, Pak James (katekumen) bisa memfasilitasi pembelajaran virtual via Hangout. Katekis Sdri Monika Citra mengikuti jejak itu untuk Katekumen Anak dan remaja, dengan aplikasi Zoom.

generasi dewasa--_1

Pengajaran online katekumen dewasa periode 2019-2020.

Bahagia sekali rasanya bisa memulai kembali pelajaran, walaupun kendala-kendala sering kami alami, seperti sinyal wi-fi, kuota, kesesuaian waktu, dan cara penyampaian materi secara online. Namun antusiasme katekumen tinggi. “Kami tetap dengan semangat 45 menyelesaikan pembelajaran kami,” tulis salah satu katekumen dalam kesaksiannya.

Pembelajaran katekumen akhirnya selesai, bahkan bisa dilanjutkan dengan 8 materi tentang Sakramen Krisma dan pembinaan iman para katekumen. Total ada 60 tema yang diajarkan!

bu there--

Ibu There EM, salah satu pengajar katekumen dewasa.

Meskipun demikian, ada pertanyaan menggantung yang belum terjawab: kapan baptisan akan dilaksanakan? Waktu itu hanya Tuhan yang tahu! “Saya khawatir, katekumen lupa apa yang sudah dipelajari,” kata Pak Simbolon, pendamping katekumen dewasa, suatu pagi di bulan Desember.

Para katekumen pun selalu bertanya, kapan akan dibaptis? Semangat mereka mulai kendur. Para pendamping hanya bisa menyampaikan, “Pasti ada jalan untuk menuju pembaptisan dan Tuhan sudah persiapkan hal itu. Kita harus tetap percaya.’’

5098ccca-6d06-41a6-afa7-82790c0ff231KETAT--

Misa harian dilaksanakan dengan prokes ketat.

Berita gembira

Berita gembira akhirnya datang ketika anggota DPH Korbid Pewartaan 1, Bp GM Budi Suryanto, pertengahan Desember, mengabarkan bahwa Pastor Paroki Romo Lammarudut Sihombing, CICM, mengizinkan pelaksanaan baptisan, baik dewasa maupun anak dan remaja, sebelum Natal 2020, dalam misa harian.

Dijadwalkan, baptisan dewasa 27 November 2020, jam 18.00, sedang anak-anak dan remaja secara bertahap, antara lain karena mereka masih harus mengikuti UAS di sekolah masing-masing.

Rm Matius--

Romo Matius dalam misa harian untuk baptis gelombang 3.

Berita gembira itu membahagiakan. Seorang katekumen menuliskan kesaksiannya, “Saya sangat senang ketika diberi tahu baptis saya dan teman-teman lain bisa dilaksanakan tahun ini, walaupun mundur dari waktu yang ditentukan sebelumnya.”

“Puji Syukur kepada Tuhan akhirnya keinginan saya terlaksana, meskipun sedih karena setiap individu yang dibaptis hanya boleh membawa satu orang keluarganya,” tulis katekumen lainnya.

64456a8d-33a4-447d-bcf1-e1a6a7bd94ef walter arya--

Berbahagia akhirnya bisa dibaptis sebelum Natal 2020.

Karena mepetnya waktu, tim kecil katekese segera menyusun jadwal rekoleksi terakhir. Untuk tahap penerimaan Sakramen Inisiasi penuh—Baptis, Krisma, dan Ekaristi—jadwalnya 24 November 2020, jam 19.00, virtual, dengan Google Meet.

Rekoleksi dipimpin Fr Steve Ramli, CICM; Moderator Ibu There; dan MC Bp Simbolon. Para calon Baptis dewasa yang ikut rekoleksi: James, Nunung, Darminto, Dian, Robertus Valen, Marcella Sandya dan lainnya.

rekoleksi 1--

Rekoleksi akhir sebelum baptisan.

Rekoleksi katekumen calon baptis anak dan remaja dijadwalkan Minggu, 29 November 2020, jam 17.00-19.00, virtual, dengan Google Meet. Pemberi rekoleksi Fr Steve Ramli,  CICM; Moderator Ibu There; dan MC Bp Simbolon. Hadir para katekis pembimbing, Ketua Sie Katekese, Bp Y Roso Pramono, Bp GM Budi Suryanto, dan katekis lainnya.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu itu. Penerimaan Sakramen Inisiasi penuh dilaksanakan Jumat, 27 November 2020, dalam misa yang dipimpin Romo Lammarudut Sihombing, CICM, dengan protokol kesehatan ketat sesuai yang diizinkan KAJ. Keluarga bisa mengikutinya melalui fasilitas Google Meet. Itulah baptisan gelombang pertama.

rekoleksi2=

Rekoleksi terakhir secara virtual sebelum baptisan.

Baptisan gelombang kedua, untuk lima remaja, dilaksanakan dalam misa harian yang juga dipimpin Romo Lammarudut Sihombing, CICM, Jumat, 11 Desember 2020.

Sedangkan baptisan gelombang ketiga, untuk 9 remaja, diadakan dalam misa harian yang dipimpin Romo Matius Pawai, CICM, Jumat, 18 Desember 2020.

1c57ae21-d6d4-4736-9969-72c6a73e16fb--_1

Korbid Pewartaan 1 Bp GM Budi Suryanto (paling kanan).

Puji Tuhan, semua upacara baptisan katekumen periode 2019-2020 di Gereja St Bernadet berjalan lancar dan khidmad, serta bisa selesai sebelum Natal 2020 seperti dijadwalkan.

Terima kasih kepada Pastor Kepala dan Pastor Rekan Paroki Ciledug, DPH, khususnya Korbid Pewartaan 1, Ketua Sie Katekese, para katekis pendamping, serta semua pihak yang terlibat dalam terlaksananya upacara baptisan ini.

Romo Matius pemb 3--

Romo Matius menerimakan lilin lambang terang Kristus.

Refleksi kecil

1. Dalam situasi normal, orang mudah mengatakan bahwa dalam kondisi paling sulit sekalipun penguatan iman tidak boleh surut. Iman umat harus tetap dijaga, khususnya para katekumen; mereka harus teruji melawan situasi pahit dan sakit agar imannya kuat. Dalam situasi wabah Covid-19, kata-kata itu terasa sebagai ujian nyata.

2. Tantangan-tantangan untuk terus berjuang membangun iman para katekumen secara konsisten hanya bisa diatasi dengan semangat yang tidak boleh padam.

Souvenir--_1_1

Keindahan baptis melebihi indahnya souvenir yang diterima.

3. Hanya pelayanan yang didasari ketulusan yang akan mampu menumbuhkan kembali semangat katekumen yang kendur untuk bangkit dan tetap berharap bahwa Tuhan akan mengizinkan mereka dibaptis, untuk menjawab kerinduan bersatu dengan Allah dan menerima Yesus dalam kehidupannya.

4. Di masa pandemi Covid-19, Allah tetap menyertai perjalanan umat Gereja Santa Bernadet dengan anugerah rahmat dan berkat melimpah, teristimewa bagi para baptisan baru. Baptisan tahun 2020 ini adalah hadiah Natal yang indah di masa wabah.


Teks: Theresia Eka Murti (Katekis)/ Editor: ps/ Foto-foto: Tim Katekese, Walter Arya, Juliana Manurung, There EM

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna