Gereja Bernadet Bersiap-siap Menyambut New Normal

6 Juni 2020
  • Bagikan ke:
Gereja Bernadet Bersiap-siap Menyambut New Normal

Jarak antar tempat duduk diukur betul, minimal 150 Cm.

Kosa kata baru “New Normal” akhir-akhir ini semakin akrab di telinga kita seiring dengan Covid-19 dan Corona, setelah sekian lama kita menjalani aneka pembatasan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah.

arya10-10

Jarak bangku satu sama lain minimal 150 Cm.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan, New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. (Kompas.com 20/5/2020)

dalam gereja-a

Susunan kursi new normal di gereja lantai atas.

Keuskupan Agung Jakarta melalui Sekretaris Keuskupan Romo V Adi Prasojo, Pr, menyampaikan beberapa hal tentang persiapan Keuskupan Agung Jakarta dalam pembukaan Gereja di masa tatanan baru.

arya17-17

Mulai atur bangku sesuai ukuran yang ditetapkan.

“Yang pertama kami sedang mematangkan protokol peribadatan dalam masa tatanan baru (New Normal). Yang kedua kami harus memastikan kesiapan setiap Paroki dalam menjalankan protokol peribadatan internal tersebut.” Demikian bunyi surat yang ditandatangani tanggal 3 Juni 2020 tersebut setelah dikeluarkannya Surat Edaran dari Menteri Agama yang baru.

arya5-5

Pak Tri dan Pak Koko benahi tempat cuci tangan lantai bawah.

Sebagai tindak lanjut, Paroki Ciledug Gereja Santa Bernadet membentuk Tim Satgas Covid-19 dengan tugas utama mempersiapkan dan mengimplementasikan protokol pencegahan penularan Covid-19 di Gereja Santa Bernadet sesuai protap kesehatan. Selain itu juga melakukan persiapan-persiapan untuk memasuki tatanan baru (New Normal) peribadatan di Gereja Santa Bernadet.

arya19-19

Menjelang bangku-bangku diatur sesuai protokol new normal.

Untuk itulah Tim Satgas dengan Ketua Bapak Stephanus Herwinoto Daru Murti ini pada Sabtu 6 Juni 2020 melakukan aneka persiapan di Gereja Pinang. Dibantu relawan dari umat yang tinggal di sekitar gereja sejak pukul 08.00 tim tampak mulai berbenah.

arya9-9

Kerja bakti merapikan rumput-rumput.

Kegiatan Sabtu 6 Juni 2020 ini sering juga disebut sebagai kerja bakti atau bergotong-royong untuk saling membantu dan bekerja bersama. Tampak di area taman para bapak merapikan rumput yang mulai meninggi. Para ibu membersihkan tempat duduk di tenda atas.

arya2-2

Memotong rumput di samping tenda bawah.

Bapak Aritasius Sugiya sebagai DPH Pendamping ikut turun langsung mengukur jarak kursi di tenda bawah, dibantu oleh beberapa bapak-bapak. “Sesuai protokol kesehatan, tempat duduk harus berjarak minimal 150 Cm,” ungkap Pak Ari, sapaan akrabya. “Dan ini harus kita ukur jarak ke samping ke depan dan ke belakang, tidak hanya dikira-kira,” tambahnya.

new11-11

Pak Yus sirami lantai sebelum kursi diatur sesuai new normal.

Hadir pula Bapak Tedy Varino dari Bagian Perawatan & Pengelolaan Kompleks Gereja yang memberikan arahan area-area mana yang akan dirapikan. Ada juga yang diminta untuk memasang fasilitas cuci tangan di tenda bawah. Sedangkan 2 fasilitas cuci tangan di tenda atas sudah dipasang sehari sebelumnya oleh Pak Sigit dan Pak Tri.

siap pakai

Tempat cuci tangan sudah siap pakai.

Lebih lanjut Pak Totot, sapaan akrab Pak Herwinoto, mengungkapkan kegiatan ini hanya persiapan sesuai protokol kesehatan. “Kita belum tahu kapan Gereja dibuka dan umat boleh hadir mengikuti Perayaan Ekaristi di sini. Kita masih menunggu surat keputusan dan petunjuk dari Keuskupan Agung Jakarta tentang protap peribadataan dalam masa new normal ini,” katanya.

arya1-1

Bersiap-siap bebersih gereja menyongsong new normal.

“Jadi mohon umat untuk tetap mengikuti Misa Live Streaming dari rumah sambil menunggu arahan dari Keuskupan Agung Jakarta serta kebijakan dari Dewan Paroki Harian Paroki Ciledug,” harapnya.

new8-8

Romo Matius Pawai, CICM (belakang kanan).

Sementara itu siang harinya, Pastor Rekan Paroki Ciledug yang baru, Romo Matius Pawai, CICM, terlibat dalam pembahasan persiapan perayaan Ekaristi dengan protokol kesehatan new normal di saung bawah.

Teks: Bambang Gunadi/ Foto-foto: Walter Arya, as, ps

Tags
new normal

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna