TERIMA KASIH DAN SELAMAT JALAN, ROMO NOEL

5 Februari 2020
  • Bagikan ke:
TERIMA KASIH DAN SELAMAT JALAN, ROMO NOEL
Rm Noel mengenakan batik sebagai tanda cinta Indonesia

Pastor Manuel Vedania Valencia, CICM atau sangat akrab disapa Romo Noel telah meninggalkan kita selama-lamanya dalam usia 73 tahun pada tanggal 4 Februari 2020 di Baguio, Filipina. Tidak kurang dari 48 tahun menjadi imam, 46 tahun di antaranya dihabiskan waktunya untuk mengemban tugas misi di Indonesia. Karena telanjur sayang dengan Indonesia, maka beliau mengubah status kewarganegaraannya menjadi WNI.

Karya misi di Indonesia dimulai dari Tana Toraja, disambung ke Papua dan berakhir di “Tanah Terjanji” Ciledug. Selama 1496 hari, Romo Noel menggembalakan umat Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug. Sosok gembala yang rendah hati dan sederhana terpatri dalam sanubari umatmu. Engkau yang selalu mengajak umatmu untuk memberikan senyum manis kepada umat lainnya. Engkau yang selalu mendahului untuk mencium tangan umatmu, walau seharusnya kami yang harus mencium tanganmu, sebagai bentuk penghormtan kami.

Engkau telah memberikan contoh kepada umatmu, bagaimana harus sabar, rendah hati dan setia dalam pelayanan. Kauajarkan kami, bagaimana kami harus mensyukuri setiap berkat dan anugerah yang diberikan Allah kepada kami.

Rm Noel

Kini, engkau telah pergi selamanya meninggalkan kenangan manis bagi umatmu di Paroki Ciledug. Pedih hati dan sakit hati kami, ketika kami mendengar kabar dari Rm Lamma, CICM, bahwa engkau berjuang melawan sakit yang menghampirimu dan kesepian di rumah sakit. Tak kuasa kami ingin menjengukmu, namun hanya doalah yang selalu kami daraskan untuk kesehatanmu. Maafkan kami, karena tak bisa berjumpa dan mendengarkan nasihatmu di saat-saat terakhirmu.

Banyak yang kehilanganmu, karena menjadikan engkau teladan sebagai gembala yang melayani sepenuh hati dan sekuat tenaga. Maafkan kami, ketika kami berkeluh kesah atas homili yang panjang, karena kini kami sadar, bahwa engkau sedang menanamkan kepada kami apa makna kesetiaan iman dan kesabaran untuk mendengarkan Sabda Allah.

“Semoga demikian” menjadi kata pamungkas di setiap kotbahmu. “Marilah menghadap Tuhan” kalimat ajakanmu ketika akan mengakhiri perayaan ekaristi menjadi kenangan indah bagi umatmu. Terima kasih Romo “Opa” Noel yang sangat kami cintai atas segala keteladanan hidup dan kesetiaan dalam menjalani panggilan hidup.

Quotes Rm Noel

Selamat jalan Romo “Opa” Noel. Engkau telah mengajarkan banyak teladan hidup kepada kami umatmu, khususnya bagiku sebagai imam missionaris yang masih muda belia ini. Kebahagiaan dan sukacita akan selalu ada bersamamu dalam kehidupan kekal di surga. Selesailah sudah dan beristirahatlah dalam damai Tuhan.


Doa kami untuk Romo Noel


Rm. Lamma, CICM
Dewan Paroki Pleno dan Seluruh Umat Paroki Ciledug

Foto-foto: KOMSOS/ Foto jenazah: Romo John Salama, Pr

Tags
#ROMONOEL

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna