“Orang lain di luar sana enggak kenal Seksi HAAK, kenalnya itu dia orang Katolik…”

7 November 2019
  • Bagikan ke:
“Orang lain di luar sana enggak kenal Seksi HAAK, kenalnya itu dia orang Katolik…”
Umat Wilayah Petrus dan anggota Sie HAAK Paroki (kaos kuning).

Minggu malam, 3 November 2019, pukul 19.30, anggota Seksi HAAK (Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan) Paroki melakukan sosialisasi dan kunjungan ke Wilayah Petrus. Acara ini bertujuan memperkenalkan peran serta dan tanggung jawab pengurus HAAK di Komisi, Seksi, dan Lingkungan. Termasuk di dalamnya bidang pelayanan HAAK.

WhatsApp Image 2019-11-06 at 16.53.50(1)-ok

Diskusi berjalan dinamis.

Selama ini yang sudah mulai berjalan adalah berbagai kegiatan HAAK di tingkat Paroki sementara di tingkat Lingkungan belum. Maka dirasa sangat perlu menyosialisasikan macam kegiatan ini sampai di tingkat Lingkungan, agar pelayanan bidang HAAK dirasakan makin meluas di masyarakat secara umum.

Acara dihadiri oleh 19 orang anggota pengurus perwakilan setiap Lingkungan di Wilayah Petrus, yaitu Petrus 1, Petrus 2, Petrus 3 dan Petrus 4. Mereka tampak dinamis dalam diskusi yang terbuka dari kedua belah pihak, Sie HAAK dan tuan rumah.

WhatsApp Image 2019-11-06 at 16.53.51-ok

Korwil Petrus Pak Supriyadi (duduk bersila paling kanan).

Banyak pertanyaan yang terlontar, mulai dari “Apa bedanya Seksi Sosial dan Seksi HAAK?” (Bp Albertus Wiyono dari Petrus 2); “Apakah mindset dan mental umat katolik sendiri sudah siap untuk terjun ke luar? (Ibu Leli); “Tujuan Gereja membentuk Seksi HAAK itu apa?” (Pak Mardi dari Petrus 2). Penjelasan dan jawaban dari Seksi HAAK pun kurang lebih bisa memberikan pencerahan bagi semua yang hadir.

Kenalnya dia orang Katolik

Salah satu anggota pengurus yang hadir adalah Pak Yono. Menjabat sebagai Ketua RT, dia bisa membagikan pengalaman yang terasa begitu membumi. “Orang lain di luar sana enggak kenal HAAK. Kenalnya kita orang Katolik. Maka secara bahasa Biblis-nya, kita harus jadi garam dunia, kualitas kita secara pribadi harus ditingkatkan,” katanya.

Pengalaman dan pernyataan Pak Yono terasa tepat untuk menutup pertemuan malam itu. Kebetulan waktu juga sudah menunjukan pukul 21.12 menit. Tak terasa satu setengah jam lebih pertemuan di rumah  Bp Bowo dan Ibu Berti Indi Astuti dari Lingkungan Petrus 4 itu telah kami lewati.

WhatsApp Image 2019-11-06 at 16.53.50-ok

Penjelasan tentang tugas khusus Seksi HAAK Lingkungan.

Pak Supriyadi sebagai Koordinator Wilayah Petrus tak lupa juga memberikan rangkuman dari pertemuan malam itu. “Sudah jelas semua? Jika sudah jelas semua, apa tugasnya sebagai Seksi HAAK Lingkungan, maka sekarang segera kumpulkan form data seksi HAAK Lingkungan yang diminta, ya. Jadi sudah selesai semua tujuan pertemuan malam ini...”

Teks & Foto: Arum P, Sie HAAK

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna