Komisi Kerawam KWI Imbau Lakukan Antisipasi Keamanan Gereja

17 Oktober 2019
  • Bagikan ke:
Komisi Kerawam KWI Imbau Lakukan Antisipasi Keamanan Gereja

Sehubungan dengan akan dilantiknya Bp Ir H Joko Widodo dan Bp KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada tanggal 20 Oktober 2019, Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesi (KWI) mengedarkan surat intern kepada Para Ketua Komisi Kerawam yang berisi beberapa imbauan:

  1. Pelantikan Bp Ir H Joko Widodo dan Bp KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia menjadi kesempatan bagi kita untuk bersyukur atas keberhasilan bangsa Indonesia dalam menghidupi nilai-nilai demokrasi sehingga pemilihan umum boleh berjalan baik dan melahirkan pemimpin baru. Kita juga berdoa semoga Tuhan senantiasa menjaga dan melindungi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam menjalankan tugas selanjutnya.
  2. Memperhatikan perkembangan situasi jelang pelantikan dengan adanya peristiwa tindak kekerasan terhadap Menkopolhukam dan penangkapan terhadap para terduga teroris oleh aparat kepolisian, maka kita juga perlu waspada dan melakukan tindakan antisipatif. Kebetulan hari pelantikan Presiden jatuh pada hari Minggu dan pada hari itu kita semua menjalankan ibadah di gereja. Kita semua yakin dengan rasa aman yang diberikan oleh aparat, tetapi tidak ada salahnya juga kita secara intern turut menjaga gereja kita, misalnya: memastikan lingkungan gereja dalam kondisi aman dengan mencegah dan/atau mewaspadai kehadiran orang yang mencurigakan, memaksimalkan satuan pengamanan dan petugas gereja yang lain, koordinasi dengan aparat keamanan setempat, meng-update nomor-nomor telepone untuk emergensi, mengaktifkan CCTV (jika sudah ada).

Surat imbauan tersebut dikeluarkan di Jakarta tanggal 17 Oktober 2019 dan ditandatangi oleh Mgr. Vincentius Sensi Potokota (Ketua) dan Rm  PC  Siswantoko, Pr (Sekretaris).

Respons Paroki Ciledug  

Sehubungan dengan surat edaran di atas, Seksi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Paroki Ciledug telah memberikan respons dengan mengedarkan Jadwal Tugas Menjaga Keamanan Gereja Santa Bernadet, mulai Kamis (17/10)  malam sampai dengan Minggu (20/10) kepada Lingkungan-Lingkungan Paroki. Penjagaan dilakukan baik malam maupun siang hari. (*)

 

Tags
KWI

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna