Bermazmurlah dengan Sukacita!

23 Juli 2019
  • Bagikan ke:
Bermazmurlah dengan Sukacita!
Buku  pegangan para pemazmur.

Menjadi seorang pemazmur yang bertugas dalam sebuah Liturgi Ekaristi mempunyai tanggung jawab yang besar karena mazmur adalah salah satu bagian dalam liturgi inti. Di dalam Ekaristi terdapat empat bagian penting, yaitu Ritus Pembuka, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, dan Ritus Penutup.

WhatsApp Image 2019-07-24 at 13.46.36-ok_1

Pemazmur anak St Bernadet, Flavia Grecidiva Donata.

Mazmur sendiri adalah bagian dari Liturgi Sabda. Urutan dari proses Liturgi Sabda adalah: Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bacaan Kedua, Alleluya, Bait Pengantar Injil, Bacaan Injil, Homili, Syahadat, dan Doa Umat.

WhatsApp Image 2019-07-24 at 13.46.36(1)_1

Buku liturgi resmi ritus Gereja Katolik Roma.

Buku Mazmur perayaan liturgi disebut dengan Graduale; suatu nyanyian mazmur yang digunakan seturut kalendarium liturgi yang disertai dengan notasi gregorian. Edisi Indonesia diterjemahkan dengan Mazmur Hari Minggu dan Hari Raya dengan notasi angka yang lebih variatif.

mazmur2-ok_4

Latihan bersama pemazmur untuk tugas yang sama.

Pemazmur bertugas penting dalam membawakan mazmur atau kidung-kidung dari Alkitab di antara bacaan-bacaan. Oleh karena itu, adalah wajib seorang pemazmur menguasai dengan benar cara melagukan mazmur dengan suara lantang serta ucapan yang jelas agar dapat membawa umat pada suasana yang khusyuk dalam merenungkan bacaan-bacaan.

WhatsApp Image 2019-07-21 at 07.50.26-ok

Pak Anton Tumidjo, salah satu pemazmur senior St Bernadet.

Pemazmur, sebagai salah satu petugas liturgi di altar, sebisa mungkin mengenakan alba yang dikencangkan dengan singel serta samir bahu.

Membantu umat terlibat

Dalam kaitannya dengan suasana doa yang sakral, pemazmur merupakan petugas liturgi yang penting karena membantu umat menanggapi Sabda Tuhan dengan cara yang serba serasi dan berkarakter; sebagai pendoa dalam mazmur doa, seorang pelantun pujian dalam mazmur pujian, atau seseorang yang sedang merenungi Sabda Tuhan dalam mazmur renungan.

WhatsApp Image 2019-07-24 at 13.46.37(1)-ok_1

Pemazmur harus melibatkan umat dalam menanggapi Sabda.

Struktur dari sebuah mazmur tanggapan lazim berupa satu kalimat ulangan yang berfungsi sebagai kunci penafsiran atau doa inti dari bacaan pertama serta beberapa bait mazmur yang dibawakan bersahut-sahutan secara bergantian dengan ulangan yang dinyanyikan oleh seluruh umat.

WhatsApp Image 2019-07-24 at 07.18.54(1)-ok

Pemazmur Bernadet membawakan pasio (Kisah Sengsara).

Keterlibatan umat dalam menyanyikan ulangan ini memungkinkan umat berpartisipasi aktif, terlibat dalam suasana doa sembari memuji namaNya dan melakukan perenungan.

WhatsApp Image 2019-07-11 at 19.50.58-ok

Pemazmur remaja.

Ayat atau bait yang dibawakan pemazmur berfungsi untuk memperdalam pewartaaan Sabda Tuhan pada umat. Dan dialog yang terjadi dalam pewartaan sabda Tuhan oleh pemazmur dengan umat sebagai penerima Sabda melukiskan gambaran dialog langsung antara Tuhan dengan umatNya.

Bisu

Pak Aloysius juara 1 pemazmur senior Dekenat Tangerang, 2018.

Tugas pemazmur sebagai pewarta Sabda memang menuntut tanggung jawab lebih. Selain harus bisa mengucapkan kata-kata dengan baik dan benar, seorang pemazmur wajib mempunyai teknik bernyanyi yang lengkap (membaca notasi, olah nafas, rentang suara, volume, power, interpretasi, dsb), tata gerak yang berbeda-beda di tiga tempat tugas (Pinang, Metro, Pondok Lestari), ditambah dengan kunci penting saat melakukan tugas mendaraskan mazmur: kesiapan mental untuk bernyanyi di altar, di depan seluruh umat Tuhan.

Passio-ok_1

Pemazmur mempersiapkan tugas pasio.

Persiapan mental: kunci

Persiapan mental untuk bertugas ini menjadi kunci penting, karena sejak awal liturgi pemazmur harus benar-benar fokus, yakin dan percaya diri. Dimulai sejak berbaris dalam arak-arakan pembuka Liturgi Ekaristi hingga selesainya tugas mendaraskan mazmur; yakin dan percaya diri karena sudah mempersiapkan diri secara baik. Ketidakyakinan dan tiadanya rasa percaya diri saat bernyanyi mazmur dapat menurunkan mental pemazmur dan berakibat terjadinya kesalahan-kesalahan teknis yang tidak perlu.

bap1-ok_2

Para pemazmur Bernadet melayani upacara baptisan bayi.

Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug sejak dua tahun lalu telah mempunyai Kelompok Pemazmur Santa Bernadet yang berkegiatan dengan berbagai persiapan teknis dalam rangka menjalankan tugas utama untuk mendaraskan mazmur.

1554316615_Cover

Latihan koor bersama harus serius meskipun tidak harus tegang.

Pemazmur St Bernadet juga telah membentuk grup paduan suara yang masuk dalam tugas rutin melayani misa dan upacara baptisan bayi.

 WhatsApp Image 2019-07-11 at 19.45.22-ok_4

Berlatih di mimbar meningkatkan rasa percaya diri di depan umat.

Kelompok pemazmur ini berlatih bersama-sama secara rutin setiap Kamis malam di Pinang. Anggotanya terdiri dari berbagai kelompok usia, ada pemazmur anak-anak, remaja, OMK, dan dewasa serta beberapa senior. Berkat ketekunan berlatih, tahun lalu beberapa pemazmur dari paroki kita menjuarai lomba di tingkat Dekenat Tangerang sebagai juara pertama. Puji Tuhan!

WhatsApp Image 2019-07-24 at 07.18.54-ok_1

Tim pasio tripria dari Pemazmur St Bernadet.

Untuk memelihara semangat dan memotivasi agar para pemazmur tekun berlatih dan mengembangkan diri, kelompok ini mempunyai motto: “bermazmur dengan sukacita”.

1539953406_pemazmur_1-min-ok_1

Prestasi Pemazmur Bernadet di tingkat Dekenat Tangerang, 2018.

Mazmur sebagai Sabda Tuhan yang berupa kabar baik harus diwartakan dengan sepenuh hati dan dengan perasaan suka cita. Tanggung jawab yang besar disertai dengan kesiapan hati yang penuh sukacita pasti akan menghasilkan pujian yang indah bagi Tuhan dan berkenan bagi seluruh umatNya. Mari bermazmur dengan sukacita! (Totot Herwinoto)

Foto-foto: dok. KOMSOS/Pemazmur Bernadet.

Tags
#PEMAZMUR

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna