Romo Lamma, Anggota Dewan Pimpinan CICM Indonesia-Singapore 2019-2022

12 Juni 2019
  • Bagikan ke:
Romo Lamma, Anggota Dewan Pimpinan CICM Indonesia-Singapore 2019-2022
Romo Lamma, Anggota Dewan Pimpinan CICM Indonesia-Singapore.

Enam tahun sesudah bertugas di Paroki Ciledug Romo Lammarudut Sihombing CICM dipilih dan diangkat oleh Pimpinan tertinggi Provinsial CICM Provinsi Asia sebagai Anggota Dewan Pimpinan Distrik CICM Indonesia-Singapore periode 2019-2022.

Dalam Misa Minggu Panggilan di Balai Metro Permata 12 Mei 2019, Romo Lamma sudah mengumumkan keterpilihannya tersebut ketika memberikan sharing panggilan bersama Frater Yopi CICM. "Walaupun di Indonesia, masih bisa sering ke luar negeri mewakili Indonesia-Singapore," kata Romo Lamma agak bercanda disambut senyuman umat.

Bersam Rm Marvin di Filipina-ok

Romo Lamma dan Romo Marvin asal Filipina berfoto di Singapore.

Dalam percakapan hari Selasa (11/6), Romo Lamma mengatakan bahwa Dewan Pimpinan tersebut terdiri dari 3 anggota, yaitu Romo Lamma CICM, Romo Ignas CICM, dan Romo Marvin CICM, dan  diketuai oleh Romo Kamil CICM yang kini bertugas di Church of St Bernadette Singapore.

Apa tugas utama Dewan Pimpinan Distrik CICM Indonesia-Singapura? Tugas utamanya adalah mengkoordinasi para Romo CICM dalam tugas pelayanannya masing-masing di distrik kedua negara tersebut.

RM Lama-ok_2

Romo Lamma bersama Romo Daniel M Ocampo, Jr, CICM di Filipina.

Itu berarti bahwa pada waktu-waktu yang akan datang Romo Lamma akan sering berkeliling ke wilayah-wilayah misi atau karya CICM, baik di Indonesia maupun Singapura. “Markas tetap di  Jakarta, Slipi, tetapi meeting kadang di Singapura, kadang di Indonesia,” jelasnya.

kukuh_1

Romo Lamma dalam suatu upacara pengukuhan.

Dengan demikian Romo Lamma bersama anggota Dewan lainnya secara berkala juga akan menerima laporan-laporan para Romo CICM di Indonesia dan Singapura, termasuk problem-problem yang dihadapi di tempat berkarya masing-masing.

Provinsi Asia

CICM atau Congregatio Immaculati Cordis Mariae (Kongregasi Hati Maria Tak Bernoda) kini hadir berkarya di 23 negara di seluruh dunia.

Romo Lamma menjelaskan bahwa di kawasan Asia ada satu Provinsi CICM dengan 3 distrik, yaitu Distrik Indonesia-Singapura, Distrik Jepang, dan Distrik China-Mongolia. Distrik China-Mongolia terdiri dari China, Mongolia, Hongkong, dan Taiwan. Ketiga Distrik tersebut sama-sama dimulai  pada tahun 2013.

joannes7-ok

Romo Lamma di antara peserta bakti sosial.

Sementara itu Filipina berdiri sendiri sebagai satu Provinsi CICM di Asia. "Karena anggota tarekat CICM  di Filipina paling banyak," jelas Romo Lamma.

Prioritas karya  misi CICM di Asia, menurut kalender CICM Asia 2019, adalah pewartaan awal Injil, dialog antar agama, pelayanan kaum muda, kaum migran dan persoalan-persoalan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan atau yang dikenal dengan isu-isu JPIC (Justice, Peace, and Integrity of Creation).

Menghidupi kaul ketaatan

Romo Lamma mengatakan bahwa tugas sebagai anggota Dewan Pimpinan Distrik itu baginya sangat menantang. “Padahal tugas di Paroki Ciledug juga sudah amat menantang,” ujarnya dengan tersenyum.

“Jujur secara pribadi saya merasa sangat berat, tetapi demi menghidupi kaul ketaatan biarlah saya jalani,” ungkap Romo Lamma lebih lanjut tentang tugas barunya itu.

kaum muda

Kaum muda merupakan salah satu prioritas pelayanan CICM di Asia.

Umat Gereja Santa Bernadet tentu berbangga dan bersyukur serta bersukacita atas kepercayaan pimpinan tertinggi CICM kepada Romo Lamma untuk mengemban tugas barunya. Akan tetapi lebih dari itu, umat Bernadet diharapkan juga memberikan dukungan dan doanya untuk tanggung jawab yang tidak ringan itu.

Teks: ps, Rosy/ Foto-foto ilustrasi: Jassen Novaris, Kevin Meydio, Carolus, Romo Lamma.

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna