Romo Deken Ajak Tingkatkan Pelayanan kepada Umat

15 Mei 2019
  • Bagikan ke:
Romo Deken Ajak Tingkatkan Pelayanan kepada Umat
Foto bersama TKKPD dan pengurus Paroki Ciledug.

Dalam kunjungannya ke Paroki Ciledug Sabtu (11/5) Pastor Deken Dekenat 1 Tangerang, Romo Stefanus Suwarno OSC sebagai pimpinan Tim Kunjungan Karya Pastoral Dekenat (TKKPD) Tangerang 1 mengajak belajar bersama untuk meningkatkan pelayanan kepada umat.

TKKPD berkunjung ke Paroki Ciledug sebagai salah satu paroki di Dekenat 1 Tangerang. Yang lain adalah Paroki Tangerang, Paroki Karawaci, Paroki Curug, Paroki Citra Raya, dan Paroki Kuta Bumi.

dektang7-ok

Pastor Paroki Ciledug Romo Lamma dan Pastor Deken Romo Warno.

Romo Warno, panggilan Romo Suwarno OSC sebagai pimpinan datang bersama 3 anggota Tim, yaitu Bp Salvator Loho, Bp Riyanto, dan Bp Aris Wibawa.

Kehadiran TKKPD disambut pihak tuan rumah yang terdiri dari Romo Lammarudut Sihombing, CICM, sebagai Pastor Kepala paroki sekaligus Ketua Umum Pengurus Gereja Dana Papa Paroki Ciledug, seluruh anggota Dewan Pengurus Harian dan para Ketua Seksi.

Dalam sambutannya Romo Lamma menyampaikan selamat datang dan terima kasih sudah dikunjungi.

“Inilah gereja kami gereja tenda. Sepertinya di Dekenat Tangerang 1 ini hanya Paroki Ciledug yang belum memiliki bangunan gereja yang memadai. Maka perlu juga kami sampaikan kepada tim mungkin gerak langkah kami belum seimbang dengan paroki lain, mungkin ada yang sudah 100 km/jam, ada yang 80 km/jam, semoga dengan kunjungan ini Paroki Ciledug juga bisa mengikuti,” kata Romo Lamma.

dektang2-ok

Perjumpaan TKKPD dan pengurus Paroki Ciledug. 

Sementara Romo Warno menyampaikan kunjungan ini bukan semata mata evaluasi tetapi ajakan untuk menggunakannya sebagai sarana belajar bersama. “Sehingga kita dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada umat. Selain itu kita juga bekerja sama untuk menyelaraskan gerak langkah kita agar sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta,” ujarnya.

Sebagai pembuka sebelum diskusi kelompok, Bp Aritasius Sugiya yang biasa dipanggil Pak Ari sebagai Ketua 1 Dewan Pengurus Harian memaparkan Profil dan Organigram Paroki Ciledug.

Dalam paparannya Pak Ari menjelaskan batas wilayah paroki, jumlah wilayah dan lingkungan, demografi umat dan kondisi umum lainnya. Dari organigram tergambar jelas bagaimana susunan pengurus gereja mulai dari Romo, DPH, Ketua Seksi, Koordinator Wilayah, dan Ketua Lingkungan.

dektang5-ok

Suasana diskusi Kelompok 3 Bidang Pelayanan Administrasi.

Menyusul kemudian diskusi dalam 3 kelompok, yaitu Kelompok 1 Bidang Pastoral dan Penggembalaan yang dipandu langsung oleh Romo Warno dengan peserta Romo Paroki, Seksi Kepemudaan, Seksi PSE, Seksi Kerasulan Keluarga, Seksi Kesehatan, Seksi Lingkungan Hidup, Seksi Pelayanan Kematian,  Seksi Kerasulan Kitab Suci,  Seksi Katekese, Seksi HAAK, Seksi Panggilan, Seksi Pendidikan.

Kelompok 2 Bidang Organisasi Pastoral dipandu oleh Bp Salvotor Loho dan Bp Riyanto dengan peserta  Sekretaris 2 DPH, Bendahara 1 dan 2,  SPIG dan DPH Pendamping SPIG.

Sementara Kelompok 3 Bidang Pelayanan Administrasi yang dipandu oleh Bp Aris Wibowo dengan peserta Sekretaris 1, Sekretariat,  Seksi Komsos, Seksi Litbang, Tim Data Paroki, dan DPH Pendamping masing masing seksi.

dektang6-ok_1

Romo Warno mengajak untuk meningkatkan pelayanan ke umat.

Berikut ini catatan akhir dari evaluasi dan diskusi:

  1. Tahun 2014 -2016 kondisi Paroki Ciledug parhatiannya terkuras terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sehingga aspek lain sedikit kurang mendapat perhatian;
  2. Tahun 2017 mulai membaik dan kondusif sehingga mulai dilakukan pembenahan dan dapat mengikuti program-program Keuskupan Agung Jakarta;
  3. Sistem organisasi perlu ditingkatkan maka penting ada prosedur kerja standar (SOP) atau tata layanan;
  4. Komunikasi perlu ditingkatkan untuk menghindari miskomunikasi;
  5. Pentingnya buku Kronik Paroki, yaitu catatan tertulis manual tentang kejadian luar biasa yang terjadi;
  6. Update data BIDUK di tingkat Lingkungan merupakan suatu keharusan karena dari sanalah segala sumber data untuk memberikan pelayanan kepada umat berasal.
  7. Secara keseluruhan tata layanan dan administrasi sudah baik.
  8. Diharapkan pengurus tetap solid dalam karya pelayanan kepada umat.

 Semoga demikian.

 Teks: Bambang Gunadi/Komsos/ Foto: Carolus W, Aritasius Sugiya/Komsos

Tags
DPH
TKKPD

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna