Paroki Ciledug Ikuti Persiapan Kontingen Pesparani Banten

28 April 2019
  • Bagikan ke:
Paroki Ciledug Ikuti Persiapan Kontingen Pesparani Banten
Osner Purba (baju kuning), HA Bazari, dan RD St M Sumardiyo A.

Ketua Seksi Liturgi Paroki Ciledug Gereja Santa Bernadet Yulianus Sunaryo dan Ketua Sub Seksi Pasdior Andreas Edi Sarwono mengikuti acara Pembinaan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Banten. 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Le'Semar  Serang, Jumat-Sabtu (26-27 April), itu  diadakan oleh Bimas Katolik Kanwil Kemenag Banten Tahun Anggaran 2019 dan dibuka oleh Kakanwil Kemenag H A Bazari, sebagai bagian dari persiapan kontingen Pesparani dari Provinsi  Banten.

Plakat

Dalam kesempatan tersebut HA Bazari menyampaikan beberapa harapan.

Pertama, Provinsi Banten mengirim kontingen untuk mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik 2 di NTT. Untuk itu Pemprov akan memberi support penuh;

Kedua, LP3KD dapat menjadi wadah untuk menyampaikan informasi dari pemerintah kepada umat beragama; ketiga, LP3KD bukan sekadar pelaksana, tapi juga mampu memberikan pandangan-pandangan atau saran-saran kepada pemerintah, dalam hal ini melalui Kanwil Kemenag;

Keempat, LP3KD adalah suatu organisasi yang besar. Karena di dalam organisasi selalu ada perbedaan atau perselisihan, LP3KD diharapkan mampu me-manage konflik, menyatukan hati, pikiran dan kekuatan, agar kontingen Banten siap mengharumkan pemerintahan Provinsi Banten.

perpa2

Y Sunaryo dari Paroki Ciledug (ke-3 dari kanan) dan para peserta lain.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pembimas Katolik Osner Purba selaku pengundang dan Ketua LP3KD Banten RD St M Sumardiyo Adipranoto, yang juga Pastor Paroki Kristus Raja Serang.

Provinsi Banten memiliki 15 Paroki, 13 masuk Keuskupan Agung Jakarta dan, uniknya,  2 Paroki masuk Keuskupan Bogor.

Tunjuk Ketua PWNU

LP3KD adalah turunan dari LP3KN yang dibentuk Menteri Agama untuk mengadakan Pesparani Katolik tingkat Nasional. Jika untuk umat  Islam ada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), umat Protestan ada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), maka untuk umat Katolik ada Pesparani.

Pesparani 1 diselenggarakan di Ambon, 27 November-2 November 2018, sedangkan Pesparani 2 akan diadakan Oktober 2020 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

pesparani.or.id

Logo Pesparani 2 di Kupang NTT (pesparani.or.id)

Menurut situs pesparani.or.id, Gubernur NTT Viktor Laiskodat 24 April lalu menyampaikan pihaknya telah menunjuk Ketua Tanfidz Pengurus Wilayah NU (PWNU) NTT Jamaludin Ahmad sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pesparani Katolik Nasional ke-2 tahun 2020 di Kupang.

Teks: Yulianus Sunaryo, ps

Foto-foto: Bimas Katolik Provinsi Banten

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna