Gereja Bernadet Tambah 42 Baptisan Baru dan 6 Pengukuhan

14 April 2019
  • Bagikan ke:
Gereja Bernadet Tambah 42 Baptisan Baru dan 6 Pengukuhan
Pembaptisan dalam Misa Minggu Palma. (Foto: Carolus W) 

Romo Lammarudut Sihombing, CICM, memberikan Sakramen Baptis kepada 42 orang dewasa dan anak-anak serta Pengukuhan kepada 6 orang lainnya dalam misa awal Pekan Suci, Minggu Palma, di Gereja St Bernadet Pinang, Sabtu (13/4).

Rinciannya, dari ke-42 orang tersebut, 14 orang di antaranya menerima Sakramen Baptis, 5 orang Komuni Pertama (Sakramen Maha Kudus), dan 23 menerima ketiga Sakramen Inisiasi (Baptis, Komuni Pertama, dan Penguatan).

Bap1-ok

Foto: Jassen Novaris.

Sebelum misa dimulai, para katekis memandu gladi bersih upacara suci tersebut mulai jam 16.00, sehingga semuanya bisa berjalan lancar dalam misa jam 18.30 yang dimulai dengan pemberkatan daun palma itu.

“Idealnya membabtis pada Malam Paskah, memang pada ibadat malam. Paskah sudah termasuk pembaptisan. Namun akan memakan waktu lebih lama jika kita membabtis pada Malam Paskah, dan supaya (sesudah baptis ini) mereka pun bisa menerima Ekaristi saat Paskah,” kata Romo Lamma.

Bap5-Cover

Foto: Jassen Novaris

Apakah mereka yang sudah diberi minyak krisma itu harus belajar lagi untuk krisma? “Mereka yang dibaptis dewasa sudah menerima 3 sakramen, yaitu Babtis, Komuni (Sakramen Maha Kudus), dan Krisma. Maka mereka tidak perlu belajar lagi untuk menerima Sakramen Krisma, berbeda dengan yang anak-anak,” jelas Romo Lamma.

“Saya mau dibabtis dan menerima pengukuhan serta sakramen krisma karena saya merasa lebih tenang menjadi seorang Katolik, baik untuk tatacara beribadah dan berdoa dapat lebih khusuk, dan setelah menerima diri untuk dibabtis, saya merasa senang dan bangga,” ujar Maya Selverta Panjaitan dari Lingkungan Monika 4 usai misa.

Bap2-ok

Pengukuhan. (Foto: Jassen Novaris)

Sementara itu peserta baptis anak, Jonathan Julian dari Isidorus 5, mengatakan, “Aku sudah dari dulu ingin mengikuti katekumen, supaya bisa lebih dekat dengan Tuhan. Setelah dibabtis aku merasa bangga menjadi seorang Katolik dan aktif di Bernadet.”

Mereka yang dibaptis tersebut telah mengikuti rekoleksi bertahap sebelumnya, seperti rekoleksi tahap ke-3 Mnggu, 7 April lalu.

rekoleksi-absis

Rekoleksi calon baptis . tahap 3 di sekolah Absis. (Foto: Anna MJ)

Para peserta baptis dan pengukuhan itu pun lalu berfoto Bersama Pastor Kepala Paroki Ciledug, Romo Lamma, CICM, dengan penuh suka cita.

Selamat datang di Gereja Santa Bernadet. Tuhan memberkati.

Teks: Laraswati (Komsos), Anna Margaretha J (Katekis)

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna