Daun-daun Palma yang Memanjakan Mata

14 April 2019
  • Bagikan ke:
Daun-daun Palma yang Memanjakan Mata
Dekorasi altar yang didominasi daun palma di gereja lantai atas.

Hari Minggu 14 April 2019 ini adalah hari Minggu Palma, permulaan Pekan Suci. Di Gereja Santa  Bernadet Sabtu malam kemarin Romo Lammarudut Sihombing, CICM, sudah mempersembahkan Misa Minggu Palma, termasuk melakukan pembaptisan orang dewasa. 

Palem8-ok_2

Daun palma yang dirangkai dengan bunga dan tanaman hiasan lain.

Palm6-ok

Salah satu ciri khas Minggu Palma adalah daun palma atau daun palem. Di gereja kita dekorasi seputar altar pun dibuat serba daun palma, meskipun ada unsur janurnya.

Palem11-ok

Palm12-ok_1

Ibu-ibu anggota tim dekorasi Gereja Bernadet dibantu ibu-ibu dari Panitia Natal-Paskah AYO Sabtu kemarin membuat dekorasi dengan bahan utama daun palma dari jam 09.00 sampai 15.00. Ada yang dianyam dengan gaya tertentu, tetapi juga ada daun palma yang dirangkai dengan bunga-bunga dan tanaman hias lainnya.

Palm10-ok_1

Daun palma yang dianyam dan  dipadukan dengan janur.

Palm15-ok_1

Dekorasi rangkaian dan anyaman daun palma di tenda bawah.

Sebenarnya, gaya anyaman atau rangkaian itu tidak ada yang kreasi baru dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya mungkin orang jarang mengamati dan melihatnya juga setahun sekali.

Palem 14-ok

Rangkaian daun palma di kaki Bunda Maria.

Berapa harga daun palem? Di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, hari Jumat lalu, satu tangkai daun palem Rp 10.000. Satu ikat berisi 5 tangkai Rp 50.000. Berapa banyak daun palma yang diperlukan untuk membuat dekorasi? Untungnya Gereja kita tidak perlu membeli, karena di paroki ini ada sekolah-sekolah yang menyediakan daun palma untuk Gereja. Puji Tuhan!

Palem2

Merangkai dan menganyam  jam 09.00-15.00..

Bagaimanapun, hasil karya tim dekorasi tersebut sudah memperindah suasana seputar altar dan beberapa sudut gereja lainnya. Coba saja diamati, siapa tahu bisa memanjakan mata Anda.

Palem1-ok_1

Menganyam daun palma.

Palem4-ok

Kesibukan ibu-ibu membuat dekorasi untuk Minggu Palma.

Teks: Maria MS/ Foto-foto: Tim Dekorasi, Walter Arya

 

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna