Seksi LH Bernadet Panen Perdana Sayuran Organik

12 Maret 2019
  • Bagikan ke:
Seksi LH Bernadet Panen Perdana Sayuran Organik

Sabtu, 9 Maret 2019, Seksi Lingkungan Hidup (LH) Santa Bernadet panen perdana sayuran seperti kangkung, daun singkong, dan sawi hijau, di kebun LH Pinang. Semuanya adalah sayuran organik karena tumbuhnya tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Sementara terong ungu, kacang panjang, dan cabe masih butuh beberapa waktu lagi untuk dipanen.

Panen 2

Sejumlah umat Bernadet, seperti Ketua Sie LH Pak Yanto, Pak Kasdana, Pak Yono dan istri, Pak Bimo dan keluarga, Pak Karno, dan Pak Narto, Sabtu sore itu tampak asyik memanen dan merapikan sayuran-sayuran tersebut, kemudian menjualnya ke umat usai misa Sabtu sore. Langsung ludes terbeli. Hasil penjualan terkumpul Rp 326.000.

“Terlalu murah jualnya, sih, iketannya gede-gede,” celetuk umat yang rupanya tidak kebagian kangkung. 

Panen3

Pak Kasdana, sebagai penanam sayur dengan menyediakan bibit dan pupuk organik seperti pupuk kandang, mengatakan, kangkung dipanen 19 hari setelah tanam, dengan ketinggian 20-45 cm. “Itu benar organik. Bahkan bila ada hama semprotnya pakai bawang putih yang saya ramu sendiri dengan sedikit sunlight yang (dipakai) untuk cuci buah. Kebetulan kemarin tidak ada hamanya,” kata pria yang juga beternak kambing dan bebek itu.

Hari Selasa pagi, 12 Maret, sudah mulai tanam lagi. “Datang saja ke kebun LH, banyak jenis tanaman kok,” kata Pak Kasdana lagi.

Panen 4

Menurut sebuah situs kesehatan, happyfresh.id, ada sedikitnya 5 manfaat sayuran organik: lebih aman secara kimiawi, lebih menyehatkan tubuh, memiliki zat gizi lebih, kaya rasa, dan umumnya lebih tahan lama.

Selamat dan terima kasih untuk Seksi LH Santa Bernadet yang sudah menyediakan sayuran sehat! Kapan panen lagi?

Teks: Arum, ps/ Foto-foto: Carolus Wahyuntoro, Kevin Meydio

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna