Go-kil November 2022: Keteguhan Para Murid Yesus dalam Penderitaan

8 November 2022
  • Bagikan ke:
Go-kil November 2022: Keteguhan Para Murid Yesus dalam Penderitaan

Go-Kil November 2022 yang dipandu Wilayah Anna.

Bp Karel Wunardi, pewarta dari Shekinah, memberikan renungan dalam ibadat Go Kitab Suci Lingkungan (Go-Kil) Paroki Pinang Gereja St Bernadet, Minggu, 6 November 2022, jam 18.30-20.00 dengan pemandu Wilayah Anna.

Materi renungan Lukas 21:5-19 yang mengisahkan tentang Yesus yang berbicara secara khusus kepada murid-murid-Nya tentang hal-hal yang akan mereka hadapi.

Bpk Karel Wunardi pembawa Renungan (2)

Bp Karel Wunardi, pemberi renungan.

Ucapan Yesus menjadi nyata. Penderitaan murid-murid-Nya (Gereja Perdana) berupa penganiayaan terhadap para murid Yesus terjadi sebelum keruntuhan Bait Allah pada tahun 70.

Hubungan persaudaraan pun tidak dapat mencegah penganiayaan karena justru keluarga dekat dan para sahabat mereka juga menyerahkan para pengikut Yesus untuk dianiaya dan dipenjarakan oleh para penguasa. Namun Yesus berjanji, bila para pengikut-Nya tetap bertahan, mereka akan memperoleh hidup.

peserta1-B (3)--

Peserta Go-Kil bulan November 2022.

Beberapa butir perenungan

* Apa yang nampak baik di mata memiliki sesuatu yang tidak baik (demikian juga kebalikannya) yang kita  tidak mengetahuinya

* Yesus mengetahui sesuatu yang akan terjadi dan jujur mengatakannya

* Jangan mempercayai omongan orang-orang yang menyebut dirinya Yesus

* Para murid akan ditangkap dan mengalami penderitaan sebelum tanda dahsyat dari langit mendahului kedatangan Yesus kedua kalinya, tetapi bukan berarti kedatangan Yesus akan segera terjadi

* Penderitaan menjadi kesempatan bersaksi

* Yesus akan meletakkan kata-kata hikmat yang meneguhkan

* Bertahan dalam penderitaan dunia membuahkan keselamatan kekal

peserta1-B (3)-A

Peserta Go-Kil bulan November 2022.

Kesimpulan dari renungan

* Allah selalu menciptakan kebaikan

* Penderitaan selalu dihubungkan dengan kebaikan

* Perjuangan untuk mencapai kebaikan menghasilkan penderitaan

* Penderitaan dapat dipikul kalau kita menaruh harapan kepada daya ilahi sang Mahabaik

* Allah menginginkan agar kita tetap teguh berjuang melawan penderitaan dengan menaruh kata-kata hikmat untuk pembelaan kita

* Keteguhan dalam iman akan membuahkan hidup (keselamatan kekal)

Anna M Mc dan Moderator (2)

Ibu Anna M, MC dan moderator.

Peran kaum muda

Petugas penyelenggara ibadat Go-Kil ini adalah Wilayah Anna dengan bimbingan Tim SKKS Paroki Pinang yang telah memberikan pendampingan dan apresiasi atas lancarnya ibadat.

Sebanyak 56 peserta (ada yang dari Solo dan Bekasi) yang mengikutinya dengan antusias ibadat ini. Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan ditanggapi dengan jelas oleh Bp Karel Wunardi.

Prodiakon Erwin Pemimpin ibadat-- (2)

Pak Erwin Lesmana, pemimpin ibadat.

Yang cukup membanggakan adalah tampilnya orang muda Wilayah Anna dalam pelaksanaan tugas. Melalui Go-Kil ini semangat kaum muda bangun setelah selama ini tertidur dalam segala aktivitasnya. Mereka yang terlibat adalah Aurelia Celine, Celene, Abel, Vanessa yang membacakan Injil dan doa umat.

Vanessa kawula muda yg ikut (2)

Vanessa, salah satu peserta dari kawula muda.

Mereka telah bertugas dengan baik dalam ibadat lewat zoom itu, meskipun belum semuanya sempurna.

Namun seperti dikatakan Ketua SKKS Ibu Novi dalam sambutannya, peran anak muda menjadi sangat penting bagi kelangsungan Gereja mendatang. Kaum muda harus bangun dari tidur panjang, karena dengan bangun kita menjadi sadar akan sapaan kasih Tuhan, dan dapat menanggapi panggilanNya untuk aktif dalam kegiatan Menggereja.

peserta1-A (2)PAKAI-1

Peserta Go-Kil bulan November 2022.

Terima kasih Tim SKKS dan umat yg terlibat dalam ibadat ini. Semoga semakin banyak kegiatan-kegiatan positif lain yang dapat dilakukan untuk membangunkan semangat hidup menggereja.

Teks: Fanfan/ Foto-foto: Screenshot

Tags
Go-Kil

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna