Rekoleksi Calon Komuni Pertama: Hidupku Semakin Ekaristis

8 Juni 2022
  • Bagikan ke:
Rekoleksi Calon Komuni Pertama: Hidupku Semakin Ekaristis

Antusiasme calon penerima komuni pertama tampak dari kehadiran mereka dalam rekoleksi. 


Para calon penerima Komuni Pertama yang berjumlah 117 anak diajak oleh Ibu Valentina Tri Yati untuk kembali meyakini bahwa Hosti Kudus yang akan mereka terima pada saat Penerimaan Komuni Pertama adalah benar benar Tubuh dan Darah Kristus yang telah dikorbankan untuk menebus dosa-dosa kita dan memberi kita hidup yang baru.

Hidup baru yang dimaksudkan adalah hidup yang harus berguna bagi orang lain, hidup yang harus selalu bersedia menjadi saluran berkat Tuhan bagi sesama.

pakai (2)--

Ibu Valentina membawa anak-anak lebih memahami bagaimana hidup yang berpusat pada Ekaristi.


Tema semakin diperkuat dengan ditayangkannya beberapa video inspirasi yang sangat menggugah hati dan membuka pemahaman anak-anak akan hidup yang indah, yaitu hidup yang peka melihat kebutuhan sesama dan mampu berbagi dan melakukan sesuatu agar sesama dapat hidup lebih layak dan sejahtera. Dan inilah yang dimaksud dengan hidup yang harus lebih semakin berpusat pada Ekaristi.

Sebelumnya terlebih dahulu anak-anak diajak oleh Bp Eusebius Celly Beto untuk merefleksikan hubungannya dengan sesama yang ada di sekitarnya dengan membuat “peta diri“. Mereka diminta untuk melihat kembali kedekatan relasi mereka dengan keluarga inti, keluarga besar, kerabat dan sahabat, serta masyarakat yang ada di sekitar mereka.

1 (2)

Bp Celly mengajak anak-anak merefleksikan hubungannya dengan sesama di sekitarnya.


Keluarga dan semua orang tersebut menjadi tanda kehadiran Tuhan yang nyata dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dan pada sesi terakhir mereka diminta untuk membuat niat-niat untuk dapat lebih mengungkapkan iman mereka dengan niat lebih peka, mengasihi dan melayani sesama yang ada di sekitar mereka.

Kesungguhan peserta Calon Penerima Komuni Pertama Paroki Pinang Gereja Santa Bernadet tahun ini 2022 sangat nampak dengan kehadiran seluruh peserta dalam kegiatan Rekoleksi dengan tema: Hidupku Semakin Ekaristis.

5 (2)

Ice breaking para pembina yang membuat peserta antusias.


Sangat antusias

Rekoleksi diadakan di Sekolah Abdi Siswa, tepatnya di Aula TKK, Minggu, 5 Juni 2022. Rekoleksi dimulai pukul 09.00 dan berakhir sekitar pukul 11.40 WIB. Sedianya durasi hanya 2 jam menjadi mundur karena anak-anak sangat antusias mengikuti materi dan ice breaking yang diberikan oleh para pembina.

Suasana semakin lengkap dengan adanya iringan organ oleh Bp Herman Madu yang mengiringi setiap lagu yang dinyanyikan dengan penuh semangat dan keceriaan oleh anak-anak calon penerima komuni pertama bersama para pembina.

4 (2)

Para pembina calon komuni pertama yang mendampingi dari awal sampai pada saat menerima Hosti Kudus.


Seluruh rangkaian kegiatan rekoleksi dikoordinir dengan baik oleh Bp Johanes Roso Pramono selaku koordinator Sub Seksi Komuni Pertama beserta kesolidan para panitia yang terdiri dari wakil orangtua calon komuni pertama yang diketuai Bp Oktavianus Untung, serta kebaikan budi pihak Sekolah Abdi Siswa Bintaro yang berkenan menyediakan tempat yang sangat nyaman bagi terlaksananya kegiatan rekoleksi ini.

Teks: Angela TW/ Foto-foto: Sub Seksi Komuni Pertama

Tags
REKOLEKSI

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna