Komunitas EJ Mengisi Masa Retret Agung dengan Merenungkan 7 Last Words

4 Maret 2022
  • Bagikan ke:
Komunitas EJ Mengisi Masa Retret Agung dengan Merenungkan 7 Last Words

Tujuh Sabda Yesus dari Salib sebagai renungan akan karya penyelamatan Allah bagi kita lewat sengsara dan wafat PuteraNya. (Ilustrasi: dioceseoflansing.org)


Komunitas Spiritual Emmaus Journey Paroki Ciledug mulai tanggal 1 Maret lalu mengawali pembelajaran kembali secara daring setelah 2 tahun terhenti karena pandemi.

Peserta dan fasilitator Grup B--

Peserta dan fasilitator di Grup B.


Hingga tahun 2022 ini covid masih belum menunjukkan ada tanda-tanda berakhir, maka Pengurus EJ yang masuk dalam Sub Seksi Kerasulan Kitab Suci Paroki memutuskan untuk melanjutkan pembelajaran yang tertunda tidak secara offline melainkan secara online (zoom).

budi mandiro---

Bp Amadeus Budi Mandiro di Grup B. Insert: Pak Budi Mandiro di balik layar.


Pertemuan persiapan telah dilakukan guna menemukan metode yang tepat guna, efisien dengan berbagai pertimbangan serta tidak mengurangi esensi agar peserta tidak kehilangan makna dari materi-materi yang disajikan. Simulasipun juga dilakukan agar setiap pertemuan berjalan dengan lancar.

Peserta dan fasilitator Grup C---

Peserta dan fasilitator Grup C.


Waktu yang tepat bersamaan dengan mulainya Retret Agung-Pra Paskah dengan berpuasa dan pantang, serta pertobatan dengan merenungkan 7 Sabda Terakhir Yesus di Atas Kayu Salib, sebagai buku sesi terakhir pembelajaran Emmaus Journey.

 Tarsisius Sihono dalam  Grup C--_1

Bp Tarsisius Sihono di Grup C.


Ke 7 Sabda Tuhan itu adalah:

  1. Bapa Ampunilah Mereka; Sebab Mereka Tidak Tahu Apa Yang Mereka Perbuat. (Luk 23:34)
  2. Aku Berkata Kepadamu, Sesungguhnya Hari Ini Juga Engkau akan Ada Bersama-sama dengan Aku di Firdaus. (Luk 23:43)
  3. Ibu, Inilah Anakmu.... Inilah Ibumu. (Yoh 19:26-27)
  4. Allahku, Allahku, Mengapa Engkau Meninggalkan Aku? (Matius 27:46)
  5. Aku Haus. (Yoh 19:28)
  6. Sudah Selesai. (Yoh 19:30)
  7. Ya, Bapa ke Dalam Tangan-Mu Kuserahkan Nyawa-Ku. (Luk 23:46)

peserta dan fasilitator di grupC

Peserta dan fasilitator di Grup C.


Tiap Sabda direnungkan dalam satu sesi pertemuan dengan penuh perasaan, agar semakin kita pahami betapa besarnya penderitaan Tuhan Yesus dan betapa pentingnya Sabda Tuhan itu untuk kita semua.

Sayang sekali, tidak semua peserta dapat mengikuti pembelajaran ini karena terkendala beberapa faktor, selain masalah teknis.

sihono-yenny---

Bp T Sihono dan Ibu Yenny memandu di Grup D. Insert: Ibu Yenny di balik layar.


Namun cukup bagi pengurus untuk berusaha secara maksimal mengemas pertemuan demi pertemuan yang diikuti oleh 80 peserta terbagi dalam 6 grup (6 pertemuan) untuk setiap sesinya.

Peserta yang berasal dari 14 wilayah ini berbagi pengalaman, menyampaikan tanggapan maupun mendalami Sabda- Nya dengan semangat dan persiapan sebelumnya dari rumah masing-masing.

kuswantoro---

Koordinator Sub Seksi EJ Bp  Valentinus Kuswantoro.


Para fasilitatorpun juga tidak  kalah semangat untuk menyiapkan diri dengan menerima pembekalan oleh Koordinator Tim Pembina Fasilitator, Bp Tarsisius Sihono dan materi yang dikemas dalam sesi pertemuan berdurasi sekitar 2 jam.

Koordinator Sub Seksi EJ, SKKS, Bp Valentinus Kuswantoro  berharap, setelah Angkatan VII ini menyelesaikan pembelajarannya,  Komunitas EJ akan kembali membuka pembelajaran Angkatan VIII pada Juli mendatang, dan semakin banyak umat mencintai Kitab Suci.

Teks dan foto: Tim SKKS

Tags
ej
SKKS

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna