Pembangunan Gereja Santa Bernadet di Kelurahan Sudimara Pinang (1)

2 Desember 2021
  • Bagikan ke:
Pembangunan Gereja Santa Bernadet di Kelurahan Sudimara Pinang (1)

Desain/rancangan Gedung Gereja St Bernadet. (dok. PPRI)

“Berkat dukungan doa seluruh umat lewat berbagai kelompok atau komunitas doa dan Novena memohon kelancaran mendapatkan IMB hari ini saya sampaikan doa-doa kita telah dikabulkan Tuhan.”

Hari itu, Kamis 22 Juli 2021, ketika Romo Lammarudut Sihombing, CICM, selaku Pastor Kepala Paroki Ciledug, menyampaikan kata-kata tersebut kepada seluruh umat yang sedang mengikuti Novena untuk memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  secara online.

Bp Kardinal dll--_1

Uskup KAJ, Pastor Paroki, dan tamu undangan.

Tampak pada layar beberapa peserta yang sedang mengikuti novena secara online  itu mengatupkan tangan tanda mengucap syukur. Ada juga peserta yang terlihat bertepuk tangan sebagai tanda ungkapan kegembiraan, dan banyak juga yang mengangkat jempol untuk Tim Perizinan dan PPRI.

Indonesia Raya--_1

Lagu Indonesia Raya sebelum peletakan batu pertama.

“Setelah IMB kita peroleh tim pembangun akan segera memulai pekerjaan pembangunan. Maka seluruh umat dimohon untuk selalu mendukung lewat doa-doa. Mulai besok doa Novena kita akan diganti dengan Novena Mohon Kelancaran Pembangunan Gedung Gereja Santa Bernadet,” jelas Romo Lamma kemudian.

Pembimas--_1

Bp Osner Purba, Pembimas Katolik Prov Banten (kiri).

Bp Donatus Kasdana dari Tim Doa PPRI menambahkan, mulai 23 Juli 2021 yang mendapat giliran memimpin doa novena adalah Wilayah Yohanes. Doa novenanya sudah berubah. “Nanti akan saya kirimkan teks doa yang baru, Doa Novena Mohon Kelancaran Pembangunan Gereja Santa Bernadet,” ujar Pak Dana, sapaan akrabnya.

Peletakan Batu Pertama

Foto 4--_2

Peletakan batu pertama Gereja Bernadet oleh Uskup KAJ.

Sekitar 2 minggu kemudian, tepatnya hari Minggu, 8 Agustus 2021, sekitar pukul 08.00 dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Gereja Santa Bernadet yang berlokasi di Kelurahan Sudimara Pinang, Kota Tangerang, berdasarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Nomor: 642 / Kep – 05.SOSBUD / DPMPTSP / IMB / 2021 yang dikeluarkan oleh Walikota Tangerang, 14 Juli 2021.

Romo Matius--_3

Romo Matius Pawai, CICM, menyambut Kardinal Ign Suharyo.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo; Pastor Kepala Paroki Ciledug Gereja Santa Bernadet Romo Lammarudut HPH Sihombing, CICM; Danramil 01/Tangerang Kota Mayor Arhanud Didik Wahyudi; Kapolsek Pinang Iptu Tapril; Ketua FKUB Kota Tangerang Drs KH Amin Munawar, MA; dan perwakilan Ketua RW/RT Kelurahan Sudimara Pinang. Peristiwa bersejarah tersebut juga disaksikan oleh Osner Purba, S.Ag, M.Si, Pembimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, tokoh masyarakat sekitar lokasi pembangunan, dan sejumlah umat Gereja Santa Bernadet.

data fisik---

Data fisik Gereja Santa Bernadet.

Sebelum dilakukan peletakan batu pertama tersebut, Uskup Ignatius Kardinal Suharyo memimpin ibadat pemberkatan material bahan bangunan dan lahan, disusul peletakan batu pertama oleh para tokoh masyarakat, mulai dari tingkat RT dan RW, Kelurahan, Polsek, Koramil, FKUB, dan Bapak Kardinal memilih giliran terakhir. (bersambung)

Teks: Bambang Gunadi, ps/ Foto-foto: Walter Arya

Tags
NOVENA

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna