Komunitas EJ Mengaktifkan “Mimi lan Mintuno” dalam Novena Pembangunan Gereja Bernadet

6 Oktober 2021
  • Bagikan ke:
Komunitas EJ Mengaktifkan “Mimi lan Mintuno” dalam Novena Pembangunan Gereja Bernadet

Senyum dan tawa mewarnai suasana novena.

Komunitas Emmaus Journey (EJ) Santa Bernadet mendapatkan giliran tugas memandu Doa Novena Mohon Kelancaran Pembangunan Gedung Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug, 15-23 September 2021.

Foto1-B---

Novena tidak hanya dihadiri anggota EJ.

Dalam tugas tersebut, EJ mengaktifkan pasangan-pasangan mimi lan mintuno anggota EJ (emmauser) Santa Bernadet untuk bertugas menjawab seruan pemimpin ibadat selama 9 hari doa novena. Mereka bertugas secara bergantian, setiap hari 1 pasangan yang berbeda.

Foto2-A---

Seragam EJ: kaos merah kerah biru. 

Ungkapan mimi lan mintuno dalam khasanah budaya Jawa biasa digunakan untuk menyebut pasangan suami-isteri yang—diharapkan—tetap setia selama hayat dikandung badan karena cinta sejati mereka. [Mimi dan mintuno sebagai simbol cinta sejati adalah pasangan salah satu spesies kerang laut yang kesatuannya tak bisa dipisahkan.]

Foto2-B---

Tidak semua peserta selalu hadir berpasangan.

Dengan demikian, berbeda dengan novena yang dilakukan kelompok atau komunitas lain sebelumnya, dalam tugas memandu novena tersebut EJ melibatkan banyak petugas, yaitu 7 orang, termasuk 2 orang pasangan mimi lan mintuno yang setiap hari bertugas secara bergantian.

Sihono dll--

Atas: dari Wil Paulus, Albertus. Bawah: Petrus, Agustinus.

Penugasan itu disampaikan melalui Reminder Petugas Tonight yang dibagikan tiap hari melalui WA, berisi rincian siapa bertugas MC, Pemimpin Ibadat, Lagu Pembuka dan Penutup, Seruan, Ucapan Terima Kasih, Host dan Co-host, dan pengambil foto.

Reminder harian tersebut sangat menolong dalam membuat doa novena lancar dan khidmad, apalagi mereka diminta sudah hadir jam 19.00 untuk melakukan persiapan dan doa.

Margot dll--

Atas: dari Wil Thomas, Sesilia. Bawah: Yohanes, Theresia. 

Memang tugas mimi lan mintuno sekadar menjawab seruan pemimpin ibadat, namun mereka melaksanakannya dengan semangat dan suka cita, terbukti selalu bersedia jika diberi tugas lagi. Pasangan mimi lan mintuno emmauser lain yang tidak bertugas pun mendukung, minimal dengan tetap hadir selama novena berlangsung.

Sebagai emmauser, mimi lan mintuno sudah terbiasa berduaan jika hadir di acara, sehingga ketika bertugas pun menjadi satu paket. Ketika menjawab seruan pemimpin ibadat, umat terwakili oleh suara pasangan pria-wanita mereka dalam satu frame. Sejauh dapat diingat, cara menjawab seruan berdua sekaligus ini baru dilakukan mimi lan mintuno EJ.

Pristi dll--

Atas: Dua pasangan Wil Loyola. Bawah: Thomas dan Petrus.

Berawal dari candaan

Seperti novena-novena sebelumnya, suasana novena yang dipandu EJ pun tak lepas dari canda tawa, khususnya ketika saling tegur sapa sebelum atau sesudah  doa. Sapaan mimi lan mintuno muncul dalam saat bertegur sapa yang tak lepas dari candaan itu. Ada pula yang disapa dengan “Pak Blangkon” karena yang bersangkutan selalu memakai blangkon.

Selain yang hadir sendiri, hadir pula pasangan-pasangan lain yang bukan anggota EJ, sehingga tercipta suasana doa yang lebih bersemangat, penuh persaudaraan,  dan akrab.

burosa dll---

Kiri: dari Wil Petrus, Yohanes. Kanan: Thomas, FX, Paulus.

Seperti pernah dikatakan Pastor Paroki Romo Lammarudut Sihombing, CICM, dalam salah satu doa novena beberapa waktu lalu, doa adalah bagian penting dan tak terpisahkan dari upaya-upaya lain dalam mendapatkan IMB dan kelancaran proses pembangunan gedung gereja Santa Bernadet.

Dengan caranya masing-masing, umat Santa Bernadet melakukan doa, entah secara individu, kelompok, Wilayah, Lingkungan, kelompok doa malam, dan novena.

Bahwa sekarang proses pembangunan gedung gereja Santa Bernadet sudah berlangsung kita yakini sebagai anugerah-Nya atas semua usaha penuh dinamika kita, termasuk berdoa.

foto terima kasih--

Ucapan terima kasih usai rangkaian doa novena.

Semuanya itu kita lakukan karena AMDG, Amrih Mulya Dalem Gusti atau demi Kemuliaan Tuhan.

Teks & Foto-foto: Tim EJ/ Editor: ps

Tags
ej
NOVENA

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna