Menjadi Nilai Plus, Pengisian SAPA Paroki Kita sudah Melibatkan Lingkungan dan Wilayah

31 Agustus 2021
  • Bagikan ke:
Menjadi Nilai Plus, Pengisian SAPA Paroki Kita sudah Melibatkan Lingkungan dan Wilayah

Flyer Pelatihan SAPA Gereja Bernadet, Minggu (29/8).

Sejak tahun 2021 pengisian program karya pelayanan (prokar) dalam Sistem Aplikasi Program Karya Pelayanan dan Anggaran (SAPA) di Paroki Ciledug sudah melibatkan Lingkungan dan Wilayah. Ini menjadi nilai plus untuk paroki kita karena belum semua paroki di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) melakukannya.

Asep-Adisumarta--_3

Bp Asep Susanto dan Bp Ign Suryadi, narasumber dari KAJ.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Bp Antonius Asep Susanto, salah seorang dari anggota tim pelatihan SAPA KAJ, dalam acara penyegaran kembali SAPA paroki kita, Minggu (29/8), yang diselenggarakan oleh Tim Perencanaan dan Evaluasi dan Seksi Pelatihan dan Kaderisasi (PE-PEKAD) paroki bersama Tim dari KAJ, Bp Asep Susanto dan Bp Ign Suryadi Adisoemarta.

peserta2--_5

Peserta penyegaran SAPA: DPH, DP Inti, DP Pleno.

Pengisian prokar di paroki kita bisa dimulai lebih cepat meskipun untuk prokar Lingkungan dan Wilayah masih digunakan standar kegiatan kerohanian sesuai penanggalan liturgi dan kegiatan paroki selama tahun berjalan, antara lain keterlibatan dalam HUT Paroki dan HUT RI.

SAPA di paroki kita sudah memasuki tahun kedua yang pelatihannya sudah dilaksanakan beberapa kali oleh paroki melalui sinergi Seksi PE-PEKAD maupun tim Panitia Penggerak Tahun Refleksi (PPTR) 2021.

peserta3--_1

Sebagian peserta dari 146 users.

Penyegaran SAPA hari Minggu lalu dengan media zoom itu berlangsung pukul 14.00-17.00, dihadiri seluruh Perangkat Karya Paroki yang terdiri dari 146 users, dan dikomandani oleh tim dari KAJ yang selama ini sudah beberapa kali diminta bantuannya untuk membagikan ilmunya dengan durasi waktu rata-rata 3-4 jam.

Fitria-Grego--_1

Ibu Fitra dari Thomas1 dan Bp G Wiji, Kaling Fabiola 5.

Dari awal sampai akhir diberikan penjelasan tentang: pengisian;  penamaan prokar (program karya pelayanan), anggaran yang tepat, perlunya Laporan Pertanggung-Jawaban (LPJ) dan ketepatan waktu; pelaksanaan dan pertanggung-jawaban; tanya-jawab; serta praktek pengisian dengan contoh Seksi Liturgi,  Lingkungan Thomas 1, dan Lingkungan Fabiola 5.

Perserta--

Peserta penyegaran SAPA lainnya.

Tim PEKAD-PE mengharapkan, dengan acara penyegaran ini seluruh Perangkat Karya kembali bergiat dalam pelaksanaan prokar, penyusunan LPJ, pengisian (pelaporan) ke dalam SAPA. Juga diperlukan komitmen bersama dan tanggung jawab bersama dalam menyelesaikannya secara tepat waktu.

Terkait panduan pengisian dalam SAPA KAJ bisa di cek di sini:http://panduan.sapa.kaj.or.id (bisa di-zoom)


Teks dan foto-foto: Tim PE

Tags
PPTR
SAPA

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna