Umat Santa Bernadet Siap Memasuki Bulan Kitab Suci Nasional 2021

24 Agustus 2021
  • Bagikan ke:
Umat Santa Bernadet Siap Memasuki Bulan Kitab Suci Nasional 2021

Sosialisasi virtual BKSN 2021 oleh SKKS, Sabtu (21/8).

Seksi Kerasulan Kitab Suci (SKKS) Santa Bernadet telah melakukan sosialisasi materi pertemuan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2021 lewat zoom, Sabtu (21/8), kepada 128 peserta yang terdiri dari Koordinator Wilayah, Ketua Lingkungan, dan Pamong Sabda dari 21 Wilayah dan 61 Lingkungan beserta panitia dan pembawa materi.

Pertemuan selama kurang lebih 2 jam tersebut mengacu pada materi dari Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Jakarta (KOM-KKS KAJ) tentang BKSN 2021 yang diperuntukkan bagi semua paroki di KAJ.

Tema BKSN 2021--

Tema besar BKSN 2021: Yesus Sahabat Seperjalanan Kita.

Sudah menjadi tradisi bahwa Gereja Santa Bernadet Pinang berperan aktif dalam melaksanakan dan mensosialisasikan sharing pertemuan BKSN dengan KOM-KKS KAJ tersebut kepada semua Wilayah dan Lingkungan di paroki ini.

Kecuali itu, selama 3 tahun terakhir SKKS mentradisikan pelibatan kaum muda dalam pemaparan materi sosialisasi BKSN dengan harapan OMK St Bernadet dapat berperan aktif dan merangkul orang muda lainnya agar mendapatkan pengalaman dan manfaat dalam mengikuti BKSN untuk sosialisasi di tahun-tahun mendatang.

peserta4--_1

Sebagian dari 128 peserta sosialisasi BKSN 2021.

Materi yang dikemas dalam 4 pertemuan ini mengangkat 1 tema besar, yakni “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita”. Setiap pertemuannya memiliki karakteristik yang khas dan berbeda namun tetap sesuai dengan tema besar, yaitu:

1. Yesus Sahabat bagi Orang yang Berputus Asa

2. Yesus Sahabat bagi Mereka yang Kehilangan

3. Yesus Sahabat bagi yang Menderita

4. Yesus Sahabat bagi Orang Bertobat

Peserta1--

Peserta sosialisasi BKSN 2021 dari berbagai Wilayah.

Acara sosialisasi BKSN tersebut dibagi menjadi 4 bagian dalam rangkaian berikut: pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan penutup. Pembukaan diiringi lagu Firman-Mu dengan pemandu Ibu Maya melalui media Youtube, dilanjutkan dengan  sambutan Ibu Etty Iswanti, Ketua SKKS St Bernadet, dan MC Ibu Lita.

Pengenalan BKSN 2021 dalam sosialisasi ini dibawakan oleh Pak Budi M yang selanjutnya oleh Bu Lita para partisipan diarahkan untuk pembahasan materi-materi subtema yang dibawakan para narasumber:

Pertemuan 1 dengan tema “Yesus Sahabat bagi Orang yang Berputus Asa” dibawakan oleh Bapak Indra Gunawan yang akrab disapa Pak Igun.

Pertemuan 1 Oleh Bapak Igun--

Pembawa tema pertemuan 1 Bp Indra Gunawan.

Pertemuan 2 dengan tema “Yesus Sahabat bagi Mereka yang Kehilangan” dibawakan oleh Ibu Yenny Sutjipto.

Pertemuan 2 oleh Ibu Yenny Sutjipto--

Pembawa tema pertemuan 2 Ibu Yenny Sutjipto.

Pertemuan 3 dengan tema “Yesus Sahabat bagi yang Menderita” dibawakan Sdri Antonia Deidre.

Pertemuan 3 Antonia Deidre--

Pembawa tema pertemuan 3 Sdri Antonia Deidre.

Pertemuan 4 dengan tema “Yesus Sahabat bagi Orang Bertobat” dibawakan oleh Sdr Andreas Happy Hendrawan.

Pertemuan 4 Andreas Happy Hendrawan--

Pembawa tema pertemuan 4 Sdr Andreas Happy Hendrawan.

Rangkuman masukan peserta

Dalam sesi tanya-jawab, sejumlah peserta aktif bertanya dan memberikan masukan kepada panitia, antara lain, sebagai berikut:

1. Penyampaian yang dilakukan oleh anak muda seharusnya tetap dilakukan dengan cara anak muda agar mereka mengerti bagaimana bisa saling memulai untuk merangkul satu sama lain dalam acara BKSN 2021. (Masukan Bp Steven Madyo Sukarto dari Wilayah Antonius)

2. Pertanyaan Bp Kris Riyanto dari Wilayah Paulus tentang bagaimana cara memperlakukan orang sebagai subjek, dijawab oleh Bp Margo Yuwono, panitia dari SKKS yang, antara lain, mengatakan, dengan tidak memandang siapa orang yang ditolong, tidak melihat jabatan atau mewahnya baju yang dipakai, karena pada dasarnya menolong tidak perlu melihat siapa orang yang perlu ditolong tersebut.

Steven--

Bp Steven Madyo: oleh anak muda dengan cara anak muda.

3. Bp Johan dari Wilayah Yoseph bertanya, bagaimana cara menarik lebih banyak umat agar mau mengikuti BKSN 2021 karena dari Gereja pun sudah ada banyak acara? Jawaban dari Ibu Etty Iswanti: Pamong Sabda sebisa mungkin membawakan materi dengan cara yang tidak membosankan umat. Sedang Bp Tulus dari Tim SKKS menjawab, jika ditinjau dari skala prioritasnya September adalah Bulan Kitab Suci Nasional dan sudah rutin pelaksanaannya.

Seusai sesi tanya jawab, dibawakan doa penutup oleh Ibu Ida, dilanjutkan dengan foto bersama.

Mari Bapak, Ibu, dan Saudara/i Orang Muda Katolik Santa Bernadet, kita ramaikan dan resapi pesan yang disampaikan melalui pertemuan BKSN tiap minggunya yang akan diadakan di tiap lingkungan. Mari kita menjadi sahabat seperjalanan satu sama lain selama masa pandemi dan seterusnya.

Info penting bagi Anda: Lomba-lomba di Festival Kitab Suci yang informasinya bisa dibuka pada salah satu link di bawah ini:

Pengantar BKSN 2021, klik di sini.

Materi BKSN 2021 Minggu 1 klik di sini.

Materi BKSN 2021 Minggu 2 klik di sini.

Materi BKSN 2021 Minggu 3 klik di sini.

Materi BKSN 2021 Minggu 4 klik di sini.

TOR Lomba-lomba di Festival Kitab Suci 2021 klik di sini.


Teks & Foto Screenshot/WA: Tim SKKS St Bernadet

Tags
BKSN
SKKS

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna