Kebahagiaan Tersendiri, Umat Bernadet Bisa Menjadi Saksi Pembaruan Kaul para Frater CICM

10 Juni 2021
  • Bagikan ke:
Kebahagiaan Tersendiri, Umat Bernadet Bisa Menjadi Saksi Pembaruan Kaul para Frater CICM

Pembaruan kaul dua Frater CICM di Gereja Bernadet.

Dalam Misa Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Minggu, 6 Juni 2021, di Gereja Santa Bernadet Pinang, dua Frater CICM memperbarui kaul di hadapan Pastor Lammarudut Sihombing, CICM, selaku Delegasi Pastor Lim Anthony, CICM Asia Provincial Superior.

Mereka adalah Frater Richardus Jaya Gabut, CICM, yang akan menjalani perutusannya di Indonesia dan Frater Benny Fransiskus, CICM, di Mongolia.

misane--

Misa Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Minggu (6/6).

Dalam pengantar singkatnya sebelum liturgi pembaruan kaul, Pastor Rekan Romo Matius Pawai, CICM, mengatakan bahwa kedua Frater itu akan memperbarui komitmen mereka untuk menjadi pribadi yang lebih setia daripada umat lain.

“Mereka akan menjadi contoh bagaimana menjalani hidup yang sederhana, bagaimana hidup taat, dan bagaimana hidup murni, karena itulah persembahan, pemberian diri mereka yang akan mereka berikan untuk Gereja, untuk misi-misi yang dipercayakan oleh Tarekat kepada mereka. Mereka akan pergi ke tempat tugas mereka menjadi pewarta Kabar Suka Cita. Kita doakan mereka sehat,” ajak  Pastor Matius.

gabut--

Sambutan Frater Richardus Gabut, CICM.

Harus diingatkan

Ketika menyampaikan sambutan sebelum akhir misa, Frater Richardus Gabut mengatakan bahwa pembaruan kaul merupakan bagian dari perjalanan sebagai calon imam yang harus dilakukan setiap tahun, yaitu kaul ketaatan, kemurnian, dan kemiskinan.

“Untuk menghidupi ketiga kaul ini tidak mudah, sangat membutuhkan komitmen yang kuat. Ada begitu banyak tantangan, ada banyak hal yang tidak menyenangkan dalam perjalanannya. Maka dari itu kami harus selalu diingatkan untuk memperbarui  ketiga hal ini,” kata Frater Gabut.

pastor dan frater--

Rm Lamma, Fr Benny, Fr Gabut, Diakon Steve, dan Rm Matius

“Maka dari hati yang paling dalam, kami, Frater Benny juga, berterima kasih kepada umat Paroki Ciledug yang telah memberi kesempatan kami untuk memperbarui kaul dalam Perayaan Ekaristi pada hari ini; mengharapkan doa dan dukungan bapak-ibu sekalian, sekiranya kami selalu setia pada janji yang kami ikrarkan, agar dalam perjalanan kami selanjutnya tetap setia kepada panggilan Tuhan,” ungkapnya.

Kebahagiaan tersendiri

Mewakili DPH dan umat Paroki Ciledug, Bp Stevanus Pristi Wahyudono dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada kedua Frater. “Bagi umat Paroki Ciledug, merupakan kebahagiaan tersendiri bisa beberapa kali menjadi saksi pembaruan kaul para Frater CICM dalam misa di Gereja Bernadet,” katanya.

pristy2--

Bp Stevanus Pristi Wahyudono, Korbid Persekutuan DPH.

Dalam catatan santabernadet.id, pembaruan kaul sebelumnya di Gereja Bernadet dilakukan oleh Fr Steve (Diakon Steve), yaitu pembaruan kaul ke-4, 27 Mei 2020,  dan pembaruan kaul Fr Fransiskus Saverius Gambur, CICM, dan Fr Wilibaldus Kladius Kae Koban, CICM, 30 Agustus 2020.

Karenanya, selaku Korbid Persekutuan, Pak Pristi secara khusus berterima kasih kepada Tarekat CICM serta mendoakan kedua Frater, “Semoga semakin mengasihi, semakin terlibat, semakin menjadi berkat.”

“Bonus” dalam tantangan

Ditemui usai misa, Frater Benny Fransiskus yang baru pertama kali mengunjungi Gereja Bernadet menceritakan banyaknya tantangan yang dihadapi dalam menjalani panggilannya. Namun di antara tantangan-tantangan itu, ada “bonus” juga.

karin--

Frater Benny Fransiskus diwawancarai awak Komsos.

“Ketika ditugaskan di tempat baru, kadang keadaannya tidak sesuai dengan ekspektasi. Tantangannya harus pandai beradaptasi, dan kesenangannya mendapat keluarga baru. Saya menikmati setiap prosesnya. ‘Bonus’ lain jalan-jalan,” kata pria asal Sulawesi Tenggara itu. “Namun ‘bonus’ bukan tujuan utama para pastor,” imbuhnya.

Frater Benny titip pesan bagi kaum muda yang masih ragu dengan panggilan hidup religius. “Selalu ada tantangan dan harus memiliki komitmen,” katanya.

Teks: ps, Karin/ Foto-foto: Walter Arya, Screenshot

Tags
CICM
kaul

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna