Doa Senakel Gerakan Imam Maria-Gerakan Maria di Balai Metro

4 Oktober 2019
  • Bagikan ke:
Doa Senakel Gerakan Imam Maria-Gerakan Maria di Balai Metro

Kelompok Doa Senakel dan Kerahiman Ilahi akan melaksanakan Doa Senakel  pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019, pukul 08.00-12.00, di Balai Metro Permata. Misa Senakel akan dipersembahkan mulai pukul 10.00.

Marian Centre Indonesia merupakan penggerak Doa Senakel Gerakan Imam Maria, sekaligus melakukan sosialisasi ke paroki-paroki agar di setiap paroki, kelompok doa lingkungan-lingkungan  dapat mengetahui bahwa Doa Senakel merupakan suatu gerakan  mandiri, yang secara khusus berdoa bagi para Imam. Di Paroki Ciledug sendiri Doa Senakel sudah lama ada, sejak masih di BSS Sang Timur.

Sekarang ini kelompok Kerahiman berdoa Senakel setiap hari Sabtu pertama setelah misa pagi jam 05.45 di Balai Metro Permata, dan Komunitas Senior Simeon Hanna setiap hari Rabu pertama jam 09.00 di Gereja Pinang bersamaan dengan doa bagi yang sakit dan yang sudah meninggal.

Seri-MCI-53-Doa-Senakel-Revisi-FULL-830x664

Bunda Maria sebagai figur sentral pemersatu.

Kegiatan doa ini disebut Doa Senakel Gerakan Imam Maria (GIM) karena dijiwai oleh semangat dan nilai-nilai utama dari Senakel Yerusalem. Senakel dari kata Latin Caenaculum yang berarti ruang makan di loteng tempat para Rasul dan murid-murid Yesus bersama Maria sebagai figur sentral berdoa bersama-sama sehati sejiwa menantikan turunnya Roh Kudus pada hari Pentekosta.  “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, Ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus” (Kis 1 : 14).

Para imam, seperti halnya para Rasul, mutlak membutuhkan doa kita semua untuk kesucian hidup imamat mereka dalam berbagai aktivitas dan karya kerasulannya demi kehidupan dan perkembangan Gereja dan masyarakat serta komunitas kristiani. Keprihatinan Maria dahulu adalah juga menjadi keprihatinan kita bersama.

Jika melihat flyer di atas, acara  di Metro Sabtu besok akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mengetahui lebih dalam gerakan rohani tersebut secara cukup lengkap. Lebih dari itu, di sana umat  beroleh kesempatan untuk menghayatinya secara lebih mendalam.

logo_jadi_april2016b[1]

 

Mari kita wartakan dan lakukan Gerakan Senakel bersama dalam kelompok-kelompok agar doa kita bersama Bunda Maria mampu menjaga dan melindungi para Imam di paroki kita dan di seluruh dunia. Per Mariam Ad Jesum, melalui Maria kita sampai kepada Yesus.

Anna MJ, mariancentre.or.id, ps/Foto ilustrasi: istimewa

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna