Pesta Nama Wilayah Maria Goretti, Beri Kepercayaan Anak Muda untuk Berkarya

7 Juli 2019
  • Bagikan ke:
Pesta Nama Wilayah Maria Goretti, Beri Kepercayaan Anak Muda untuk Berkarya
Anak-anak yang ikut nyanyi dalam Pesta Nama Maria Goretti.

Sabtu 6 Juli 2019 sebuah rumah kosong milik keluarga Daniel Hidayat di Perumahan Bangun Reksa 2 blok Z No 2 disulap menjadi tempat yang siap untuk perayaan Misa Minggu Biasa XIV.

Hari itu bertepatan dengan peringatan Pesta Nama Maria Goretti, pelindung Wilayah Maria Goretti. Sekitar 130 orang, dari anak-anak BIA, OMK, orang dewasa, dan lansia, memenuhi rumah tersebut untuk mengikuti Pesta Nama Santa Pelindung wilayahnya.

Misa Romo Lamm-ok_1

Romo Lamma memimpin misa Pesta Nama MG, Sabtu (6/7).

Acara diawali dengan Perayaaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Lamma Sihombing CICM yang dalam homilinya mengajak kita kembali ke diri sendiri, menyadari salah satu keberhasilan.

Keberhasilan bisa membuat kita bangga, dan dari bangga yang terus-menerus bisa menjadikan kita tinggi hati dan sombong. Pastor Lamma mengajak kita untuk selalu rendah hati, saling melayani tetap dengan hati yang penuh kasih.

sha-ok

Serasa gereja, ada patung Yesus dan Bunda Maria.

Usai Perayaan Ekaristi, Pak Bonifasius Ardi Setiaji selaku Kordinator Wilayah menyampaikan sambutannya yang intinya harapan agar kebersamaan malam itu menjadi momentum untuk saling mengenal, saling memahami, dan saling berbagi.

nikmati pesta-ok

Menikmati hidangan dari umat MG untuk umat MG.

Pak Ardi memuji keterlibatan seluruh umat, terutama bapak-bapak seksi perlengkapan yang sudah mengubah rumah kosong menjadi “gereja” karena yang disiapkan bukan hanya Altar saja tetapi juga lengkap dengan patung bunda Maria dan patung Yesus.

Kata Pak Ardi, sungguh serasa gereja.  “Hanya tidak ada tabernakel,” ungkap Bp FC Widodo Yuni, Ketua Lingkungan MG3 yang menggerakkan bapak-bapak tersebut.

Bapa abrahan-ok

Laras dan Shaha mengajak menyanyi lagu Bapa Abraham.

Para ibu tidak kalah gesitnya dengan menyiapkan tempat untuk berlimpahnya hidangan yang semuanya  sumbangan umat, dari soto ayam Surabaya, aneka kue, aneka buah, es krim, es cincau, liang teh, sampai ceker masak kecap yang ludes dinikmati bersama.

Beri kepercayaan anak muda

Kali ini OMK Maria Goretti dipercaya untuk ambil peranan. Dalam Perayaan Ekaristi, semua petugas liturgi seperti lektor, pemazmur, dirigen koor, tata laksana, dan kolektan, semuanya dari OMK.

BIA-ok_1

Suasana gembira penuh suka cita.

Begitu pula seksi acara yang membuat malam itu menjadi begitu meriah juga ditangani OMK. Setelah Laras mengajak semua anak-anak, orang tua, sambil bergerak menyanyikan lagu Bapa Abraham yang terus diulang-ulang, suasana pun semakin penuh suka cita.

WhatsApp Image 2019-07-06 at 23.26.09-ok_1

Pembacaan nomor doorprize  bikin  tegang...

Namun yang lebih menggembirakan lagi adalah pembagian 40 buah doorprize hasil sumbangan beberapa umat. Selaku pembawa acara, Shaha mampu membuat semua umat yang telah memiliki lembar kupon bernomor itu menjadi tegang saat membacakan nomor berapa yang terpilih dengan intonasi yang membuat semua telinga terpasang.

WhatsApp Image 2019-07-06 at 23.26.10-ok_2

Korwil Maria Goretti Pak Ardi Setiaji foto bersama warga senior.

Setelah 10 orang pemilik nomor undian yang keluar terkumpul, giliran Yulian yang kembali membagikan kupon nomor hadiah. Di sini pemenang menentukan nasibnya sendiri. Hadiah apa yang akan didapat berdasar kertas undian sudah ditulis nomor angka yang sesuai dengan angka pada doorprize. Dibantu oleh Wulan dan Efra, pemenang mengambil hadiahnya, lalu ada sesi foto pemenang oleh kakak KKMK Ivan.

WhatsApp Image 2019-07-06 at 23.26.10(1)-ok_1

Yang muda yang siap ambil peran.

Begitulah acara terus berlangsung sampai seluruh doorprize habis, sementara kelompok senior, oma-opa yang telah berusia 80 tahun ke atas, mendapat masing-masing 1 kantong penuh bingkisan khusus berupa handuk dan makanan-makanan sehat untuk mereka.

Ternyata umat belum juga beranjak pulang , karena masih menunggu hadiah utama, nomor undian dikocok kembali dengan perlahan dan Shaha membacakan nomor. Akhirnya hadiah utama dibawa pulang oleh Ibu Tuti dari Lingkungan MG2.

Romo-ok_2

Romo Lamma memberikan sambutan.

"Kalian keren..! Sangat bersemangat..! Yuk kerahkan lagi teman-teman OMK agar bisa berkarya lebih lagi. Kami sebagai orang tua sangat mengapresiasi kalian yang mau mengulurkan tangan dan berpartisipasi dalam organisasi," puji Ibu Herawati Manurung.

WhatsApp Image 2019-07-06 at 23.26.10(2)-ok_1

Rumah kosong yang disulap layaknya  "gereja" untuk misa.

Demikianlah kebersamaan menjadi kerinduan umat untuk terus berbagi kasih dan suka cita, bukan hanya pada pesta Natal atau Paskah bersama. Sungguh, peringatan Pesta Nama Pelindung Wilayah dapat menjadi ajang kebersamaan yang meriah dan penuh kasih suka cita.

Kiranya Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Teks: Anna MJ, Gabriela Laraswati/ Foto-foto: Ivan/Wilayah MG 

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna