Seru! Adik-adik BIA Belajar Bahasa Isyarat…

11 September 2021
  • Bagikan ke:
Seru! Adik-adik BIA Belajar Bahasa Isyarat…

Menari dan menyanyikan pujian untuk membakar semangat.

Bina Iman Anak (BIA) Santa Bernadet, Ciledug selalu menghadirkan keseruan yang baru di setiap minggunya. Hari Minggu, 5 September 2021, dengan membawa tema “Aku Istimewa”  kakak-kakak dari Wilayah Paulus menemani adik-adik bina iman yang hadir melalui Zoom dan Youtube.

foto1----

Kakak-kakak dan adik-adik BIA di Bina Iman Online.

Kegiatan dibuka oleh Kak Dhea dengan nyanyian pujian untuk membakar semangat adik-adik setelah doa pembuka. Kemudian, kami mendengarkan firman Tuhan tentang Tuhan Yesus menyembuhkan orang tuli (Markus 7:31-37).

foto2----

Tuhan Yesus menyembuhkan orang tuli.

Untuk mengerti Sabda Tuhan di Injil Markus tadi, kami ditemani oleh Kak Yanti yang mengajak belajar untuk menghargai orang-orang di sekitar walaupun ada perbedaan fisik, kemampuan, dll, karena kita semua istimewa bagi Tuhan dan memiliki keunikan masing-masing.

foto3---

Tuhan Yesus mengatakan, "Efata" dan orang itu sembuh.

Yuk belajar bahasa isyarat

Nah! Keseruan baru minggu ini ada pada aktivitas yang dipandu oleh Kak Vanny. Kepada kami diajarkan berbicara beberapa kata dengan menggunakan bahasa isyarat.

“Kita belajar bahasa isyarat supaya kita menghargai teman-teman kita yang tidak bisa mendengar dan tidak bisa bicara,” kata Kak Vanny sebelum mengajari kami bahasa isyarat, agar teman-teman kita itu mengerti apa yang kita katakan.

foto7---

Jangan menertawakan teman kita yang punya tompel, ya...

Kemudian Kak Vanny mengajari bagaimana mengatakan “Halo” dengan bahasa isyarat, yaitu  menggerak-gerakkan tangan mirip orang meminta temannya datang.

Bagaimana mengatakan “Selamat pagi” dengan bahasa isyarat? Kak Vanny mengajarkan, mulai dengan menyorongkan tangan kanan yang menengadah ke depan kemudian menariknya ke belakang dan diakhiri dengan ibu jari dan jari-jari tangan membuat bentuk mirip huruf C.

Halo pakai---

Adik-adik BIA antusias sekali.

Penasaran kan, Adik-adik? Supaya enggak penasaran, yuk buka saja youtube-nya di bawah. Dilihat semua dari depan boleh. Tapi kalau mau langsung melihat pelajaran  bahasa isyarat dari Kak Vanny langsung saja mulai dari menit ke-25:20. Unik sekali kan??

foto10--kak yanti-

Keceriaan kakak-kakak dan adik-adik BIA di hari Minggu.

Sekarang kami tahu cara mengucapkan “Selamat pagi”, “Terima kasih”, “Sampai jumpa”, dan “halo”. Meskipun tidak banyak ucapan yang dipelajari, tetapi kami sangat senang dan menghargainya. Oh iya, kami dapat mengingat dengan cepat karena Kak Vanny mengajarkannya dengan kemasan permainan yang mirip seperti tepuk fokus.

Tidak sampai di situ, aktivitas dilanjutkan dengan permainan menebak bunyi. Adik-adik harus memasang telinga dengan baik untuk mengetahui asal bunyinya. Antusiasme mereka selalu berhasil membangun keceriaan di hari Minggu.

sapi---

Adik-adik menebak suara sapi melenguh dari Kak Jassen.

Tak terasa kegiatan bina iman pun selesai dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kak Debi. Setelah itu, Kak Dhea mengajak kakak-kakak dan adik-adik BIA untuk saling mengucapkan terima kasih.

Sekian keseruan bina iman hari ini. Sampai jumpa minggu depan adik-adik!!

Kak Vanny mengajari bahasa isyarat mulai menit ke-25:20.

Untuk video khusus pelajaran bahasa isyarat, klik di sini.


Teks: Chionia Karesi/ Foto-foto: Screenshot/ Video: Kak Jassen

Tags
BIA

Facebook Sanberna

Twitter Sanberna